Anthony Budiawan

Beritainternusa.com,Jakarta – Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan menuding Menteri Keuangan Sri Mulyani masih menyembunyikan fakta terkait anggaran bantuan sosial (bansos) untuk tahun 2024 saat menyampaikan paparannya di sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Anthony, keterangan Sri Mulyani dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 di MK tidak seperti fakta yang dia ketahui.

Di sini ada beberapa hal yang menurut saya terjadi keanehan atau ketidaktepatan dari penyampaian Sri Mulyani,” ujar Anthony dikutip dari YouTube Hersubeno Arief, Sabtu (6/4/2024).

Ia menerangkan, Sri Mulyani tidak memasukkan fakta kejadian setelah APBN 2024 disahkan menjadi UU No 19/2023 pada 16 Oktober 2023.

Alih-alih, justru penjelasan mengenai timeline penyusunan APBN 2024 oleh Sri Mulyani langsung meloncat pada kejadian tanggal 28 November 2023. Di mana di tanggal itu dilakukan penyusunan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pada 28 November 2023.

Padahal di awal bulan November sebelum masuk tahapan selanjutnya di bulan depannya, Anthony mendapati satu kejadian yang merupakan fakta tak terpisahkan dari kejadian-kejadian sebelumnya.

Tetapi 2 Desember 2023 ini yang menarik. Presiden Joko Widodo memutuskan meminta anggaran dari semua kementerian/lembaga diblokir sebesar 5 persen, atau kurang lebih Rp 50,15 triliun. Ini yang disebut automatic adjustment,” urai Anthony.

Pertanyaannya kenapa (ada automatic adjustment)? Karena pada 6 November 2023 terjadi rapat kabinet, yang di dalam rapat terbatas itu diputuskan bansos diperpanjang, yang seharusnya selesai November 2023 diperpanjang sampai Desember dan terus sampai Juni 2024,” sambungnya menyebutkan fakta kejadian yang tidak diurai Sri Mulyani dalam sidang MK.

Oleh karena itu, Anthony meyakini anggaran bansos tidak masuk alokasi APBN 2024, karena dalam rancangan kerja pemerintah tidak ada penganggaran itu mengingat pagunya hanya sampai November 2023, sehingga diambil kebijakan automatic adjustment dari pencadangan kementerian/lembaga untuk bansos.

Hal ini diakui oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada beberapa kesempatan. Dia mengatakan ‘iya, dana dari automatic adjustment digunakan untuk bansos’,” paparnya.

Nah ini yang tidak terungkap dari pernyataan atau kesaksian Sri Mulyani. Jadi seolah-olah bansos itu sudah dianggarkan, tapi sebetulnya tidak ada anggaran bansos seperti yang ditetapkan itu,” pungkas Anthony.

[Admin/itbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here