Gus Mus

Beritainternusa.com,Jakarta – Potongan video KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab dipanggil Gus Mus yang tengah sampaikan sindiran terkait isu politik saat ini lewat syairnya viral.

Sindiran itu disampaikan Gus Mus saat tampil dalam sebuah acara di Taman Budaya Surakarta (TBS) pada Selasa (31/10/2023) malam.

Dalam video yang beredar di media sosial TikTok yang diunggah akun Sut.Budiharto, terlihat Gus Mus berada di mimbar tengah membacakan tiga bait sebelum mengawali penampilannya. Video tersebut telah ditonton sebanyak 13.000 kali.

Ada sirup rasa jeruk dan durian, ada keripik rasa keju dan ikan. Ada republik rasa kerajaan,” kata Gus Mus yang memicu tawa para penonton. Belakangan diketahui bait tersebut dibacakan Gus Mus di acara bertajuk “Silaturahmi Indonesia”.

Selain Gus Mus, penyair lain yang tampil pada malam itu antara lain Timur S Suprabana, Sosiawan Leak, Abdul Wachid BS, dan lainnya.

Gus Mus memang dikenal seringkali membuat puisi bernada sindirian terhadap situasi yang sedang terjadi dalam negeri. Bahkan, untuk puisi yang bernada sindiran seperti itu Gus Mus menyebut sebagai puisi balsem.

Meski hanya sepotong, video itu pun menuai banyak respons dari netizen. Bahkan netizen mengatakan, jika Gus Mus mulai membuat puisi sindiran maka situasi politik memang sedang tak baik-baik saja.

Kalau Gus Mus sudah ngendiko (bicara) lewat kata-kata puitisnya yang sarat makna, biasanya keadaan memang sedang tidak baik-baik saja,” tulis akun Bams012295.

Kalau yang ngendiko Gus Mus berarti ini sudah 99 persen nyata ‘republik rasa kerajaan’,” tulis akun sutarto.k.

Selain puisi tersebut, sejumlah puisi sindiran Gus Mus yang terkenal antara lain berjudul Negeri Haha Hihi, Di Negeri Amplop, Kau Ini Bagaimana atau Aku Harus Bagaimana, Bangsa Ini, dan masih banyak lagi.

[Admin/itbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here