Capres Anies Baswedan

Beritainternusa.com,JatengPeringatan Hari Santri tahun 2023 di tengah suasana yang sudah memasuki tahapan Pemilu 2024 memunculkan harapan agar Presiden mendatang memiliki komitmen dan perhatian terhadap pesantren. Di antara tiga calon presiden saat ini, Anies Baswedan yang memiliki kriteria tersebut.

Demikian disampaikan mantan Bupati Kebumen yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Huda, KH Yazid Mahfudz, Minggu 22 Oktober 2023. Menurutnya, pemimpin yang pro pesantren ini penting karena perlu kerja sama semua pihak terutama dengan pemerintah dalam memajukan pesantren.

Perlu kerja sama dan fokus yang besar terhadap pesantren. Dan kriteria itu ada di Pak Anies,” jelasnya.

Selain Anies, Kiai Yazid tidak menampik dia juga kenal dekat dengan capres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. Sementara Ganjar sudah beberapa kali bersilaturahmi ke kediamannya, Anies baru sekali. Meski demikian, dia mantap mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bahkan jauh sebelum Anies memiliki cawapres.

Untuk itu saya tidak akan memilih kucing dalam karung, saya akan memilih sesuai keinginan saya, dan saya sudah memilih Pak Anies Baswedan,” ungkap Kiai Yazid.

Menurutnya Anies memenuhi empat kriteria yang digunakan kalangan santri dan pesantren dalam memilih pemimpin. Pertama, dari segi agama. Anies terbukti religius, berakhlakul karimah, dan rajin beribadah. Kedua, terkait nasab atau keturunan.

Orangtuanya, Rasyid Baswedan, lanjut dia, merupakan seorang pendidik bahkan dimakamkan di kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Apalagi kakeknya, AR Baswedan seorang pahlawan nasional. Pengakuan pertama kemerdekaan Indonesia oleh Mesir dikarenakan pelobian dari AR Baswedan. Tidak perlu ragu,” ucapnya.

Ketiga dari segi penampilan. Dalam pandangannya, mantan Rektor Universitas Paramadina itu yang paling ganteng di antara tiga capres saat ini. Kriteria ini penting karena rakyat akan lebih percaya diri dan senang kalau pemimpinnya berpenampilan menarik.

Yang terakhir, ya hartanya. Saya kira Pak Anies punya harta sebagai capres,” tukasnya.

Di samping itu, lanjutnya, Anies juga memiliki empat persyaratan kepemimpinan lainnya. Yaitu, siddiq (benar), amanah (tepercaya), tabligh (mampu menyampaikan), fatonah (cerdas). Hal ini terlihat dari rekam jejak kepemimpinannya ketika memimpin Ibu Kota.

Anies misalnya berani dan tegas dalam menjalankan berbagai kebijakan karena benar. Dia bersih bahkan tidak ada pejabat DKI yang tertangkap KPK. Janji-janji kampanye saat pilgub pun dilaksanakan. Tak hanya itu, lanjut Kiai Yazid, Anies juga santun dan cerdas dalam meladeni semua kritik. Termasuk juga merangkul semua kalangan.

Mudah-mudahan, pemilu berjalan baik. Bisa melahirkan pemilu yang bersih, pemimpin yang bisa bekerja sesuai kehendak rakyat. Dan itu ada di Pak Anies,” katanya lagi.

Dia berharap capres yang dia dukung kali ini kembali menang seperti pilpres-pilpres sebelumnya. Saya dua kali dukung Pak Jokowi. Alhamdulillah goal. Sebelumnya saya dua kali dukung SBY. Mudah-mudahan ini enggak meleset lah,” demikian KH. Yazid Mahfudz.

[Admin/kprbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here