Bendera 780 meter terbentang di Dusun Karang Kulon Progo

Beritainternusa.com,DIY – Cara unik warga Dusun Karang, Kalurahan Jatisarono, Kapanewon Nanggulan Kulon Progo dalam menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Para warga secara gotong royong memasang bendera merah putih sepanjang 780 meter di jalan utama dusun. Bendera rencananya dibentangkan 1-31 Agustus 2023.

Bendera merah putih itu dipasang menggunakan tiang berjejer, sehingga bendera sepanjang 780 meter itu memanjang tidak putus. Ketua Panitia Kemerdekaan Dusun Karang Kuwad Risdiyanto mengatakan, pembentangan bendera merah putih ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Panjangnya 780 meter dan lebar 1,5 meter sambung menyambung dalam satu bendera. Dipasang dari ujung selatan Dusun Karang hingga ujung utara,” katanya saat ditemui awak media, Selasa (1/8/23).

Kuwad menceritakan, pemasangan bendera yang tidak biasa ini bermula pada peringatan Kemerdekaan RI tahun 2019. Kala itu masyarakat di wilayahnya memiliki bendera merah putih sepanjang 740 meter untuk pawai. Setelah itu pandemi, sehingga bendera disimpan karena tidak ada event-event peringatan Kemerdekaan RI.

Dari bendera 740 meter itu akhirnya ditambah sehingga menjadi 780 meter untuk peringatan tahun ini. Dari kesepakatan masyarakat, akhirnya dipasang di sekitar Dusun Karang. Kami sepakat bendera ditambah atau disambung 40 meter menjadi 780 meter dan kami bentangkan di padukuhan dengan dipasangi tiang per lima meter,” tambahnya.

Kuwad mengungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk memupuk rasa nasionalisme warga. Selain itu, pelibatan warga dalam kegiatan ini juga untuk meningkatkan gotong royong sesama anggota masyarakat. Dengan begitu, masyarakat Dusun Karang bisa lebih guyub lagi.

Dia mengklaim, adanya bendera yang dibentangkan itu menjadi perhatian baru warga yang melintas. Kegiatan ini seluruhnya digagas oleh warga Dusun Karang.

Kepala Dusun Karang Tri Nugroho menuturkan, dari kegiatan ini seluruh masyarakat terlibat gotong royong. Lokasi pembentangan tidak menimbulkan kerawanan lalu lintas jalan. Kami melihat cukup menarik warga sekitar, terbukti banyak orang lewat yang mengabadikan momen ini,” ungkapnya.

[Admin/rjbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here