Beritainternusa.com,Gunungkidul – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pantai Baron, kalurahan Kemadang, kapanewon Tanjungsari Gunungkidul gelar upacara adat sedekah laut di pantai Baron, Selasa (18/7/2023)

Dalam upacara tersebut terdapat sejumlah gunungan berisi sesaji dibawa dengan Iring-iringan bergodo, bersama enam wanita pembawa karangan bunga turut meramaikan kirab gunungan disaksikan ribuan masyarakat dan wisatawan.

Disampaikan oleh Suwarji selaku ketua pokdarwis pantai Baron bahwa sedekah laut ini merupakan ungkapan syukur warga sekitar pantai kepada Tuhan Yang Maha Esa akan hasil panen yang berlimpah serta para nelayan diberi kelancaran dalam menangkap ikan dan acara seperti ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam. Upacara tersebut diadakan setiap satu tahun sekali pada malam 1 Muharram ( malam 1 Suro) .Kelompok pokdarwis pantai Baron berjumlah 7 kelompok ,makanya gunungannya tadi ada 7.Pokdarwis pantai Baron terdiri dari 7 kelompok, maka gunungannya tadi ada 7 “kata Suwarji.

Kami Iring-iringan bersama bergodo,dibelakangnya bersama enam wanita pembawa karangan bunga. Kemudian 7 gunungan yang dipikul bersama satiap kelompok .turut meramaikan kirab ada kesenian jatilan,reog disaksikan ribuan masyarakat dan wisatawan,,” jelas ketua pokdarwis.

Kirap tersebut dimulai dari pendopo tempat kita sarasehan untuk melakukan upacara genduri sampai di bibir pantai baron. Sesampainya ditepi pantai ,dilakukanya tabur bunga dan 7 gunungan dinaikan ke kapal nelayan.

Kami lakukan tabur bunga di tepi pantai sambil mengangkut gunungan dinaikan ke kapal nelayan.Pada kesempatan sedekah laut kali ini dihadiri oleh Dinas Pariwisata, dari Kapanewon, Lurah beserta jajaranya,Bhabinkamtibmas, Bhabinsa. Dan acara berjalan lancar sampai pukul 15:00 WIB,” imbuhnya.

[Supri/bindiy]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here