Pengaspalan jalan penghubung Cemeng-Widoro

Beritainternusa.com,Pacitan – Pemerintah pusat bakal mengucurkan dana APBN untuk memperbaiki dua ruas jalan wisata di Kabupaten Pacitan tahun ini.

Bantuan perbaikan jalan wisata tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) 3/2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. ‘’Total anggaran Rp 52 miliar,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPUPR Pacitan Suparlan kemarin (11/7/2023).

Dua paket proyek tersebut dialokasikan untuk peningkatan ruas jalan Dadapan, Pringkuku, yang terkoneksi ke objek wisata Watu Karung Pacitan sebesar Rp 35 miliar. Pun, ruas jalan Punung-Kalak menuju Pantai Klayar senilai Rp 17 miliar.

Bulan ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) tengah melakukan lelang. ‘’Proses tender di Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN),’’ ujarnya.

Realisasinya ditargetkan mulai Juli ini. Sehingga, bisa selesai optimal akhir tahun nanti. Mernurut Suparlan, diambilalihnya kewenangan daerah melalui Inpres ini untuk mempercepat pembenahan infrastruktur yang menjadi tulang punggung ekonomi warga. Bukan berarti pemerintah daerah diam. Itu atas usulan bupati (Indrata Nur Bayuaji) ke pemerintah pusat,’’ sambungnya.

Dia menambahkan, selain ruas jalan wisata, Inpres tersebut akan difokuskan pada penanganan ruas jalan yang menghubungkan sentra ekonomi dan kawasan produksi rakyat. Baik yang terkait dengan industri, pertanian, perkebunan, dan sektor produktif lainnya. ‘’Diperlebar menjadi 5,5 meter,’’ jelasnya.

[Admin/rmbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here