Jubir PKS Muhammad Iqbal

Beritainternusa.com,Jakarta – PKS menilai sangat mungkin ada upaya-upaya untuk menjegal Anies Baswedan di Pilpres 2024 dengan menetapkannya menjadi tersangka.

Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal menyebut upaya-upaya menetapkan Anies tersangka itu sangat dimungkinkan, di sisi lain ia berharap upaya kriminalisasi itu tak terjadi. Ia menyampaikan demikian dalam merespons pernyataan Denny Indrayana yang menyebut Anies Baswedan akan menjadi tersangka di KPK.

PKS meyakini upaya-upaya tersebut sangat mungkin terjadi, dan berharap upaya-upaya kriminalisasi terhadap Anies tidak terjadi, biarkan Anies Baswedan maju sebagai Capres dan rakyat yang akan memilih,” kata Iqbal dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (23/6/2023).

Sebagai mantan Wamenkumham, Iqbal menyebut Denny tak akan sembarangan dalam menyampaikan info, termasuk pernyataannya soal Anies akan menjadi tersangka. Ia menjelaskan politisasi kasus hukum jelang pemilu merupakan upaya yang tidak elok terhadap demokrasi.

Iqbal pun menyebut menetapkan Anies sebagai tersangka berpotensi menimbulkan kegaduhan. Kendati begitu, ia menekankan PKS tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. PKS berharap Pemilu 2024 berjalan dengan lancar tanpa ada halangan bagi kandidat,” ucapnya. Ia juga meminta masyarakat dan pendukung Anies tak reaktif menanggapi pernyataan Denny itu.

Sementara, Anies Baswedan buka suara terkait pernyataan politikus Demokrat, Denny Indrayana yang menyebut dirinya akan menjadi tersangka di KPK. Ia menegaskan dirinya tak mau memusingkan sesuatu yang dikatakan oleh orang lain dan fokus apa yang ingin dikerjakannya.

Saya dari dulu fokus apa yang mau kita kerjakan. Saya tak memusingkan apa yang dikerjakan orang lain,” kata Anies, Kamis (22/6/2023).

Ia mengklaim menjalani semua amanat yang diberikannya selama ini dilakukan dengan baik. Ia juga mengatakan segala sesuatu yang ada dalam kendalinya akan terus diikhtiarkan.

Misalnya bahan yang mau kita sampaikan ke masyarakat, itu kita ikhtiarkan. Tapi hal di luar kendali kita, kita berdoa mohon perlindungan dari Allah,” kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, Denny Indrayana menyebut Anies akan segera menjadi tersangka kasus korupsi di KPK. Dalam keterangannya, ia menerangkan seluruh komisioner KPK sudah menyetujui status Anies menjadi tersangka itu.

[Admin/itbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here