Mantan Wapres JK

Beritainternusa.com,Jakarta – Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyatakan bakal calon presiden (Capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan adalah sosok yang paling mendekati kriteria sebagai presiden.

Hal itu diungkapkan JK dalam sebuah wawancara yang diunggah di kanal YouTube Tribunnews berjudul “[Wawancara Eksklusif] Jusuf Kalla: Anies Baswedan Paling Memenuhi Kriteria Sebagai Presiden” seperti dikutip Senin (15/5/2023).

JK mengaku memilih seseorang bukan hanya karena kedekatan, melainkan memilih berdasarkan kriteria, yaitu punya leadership yang kuat, punya pengalaman, punya kecerdasan, dan punya track record baik.

Kalau negara besar ini tanpa diurus oleh orang tidak berpengalaman, untuk jadi walikota boleh lah. Tapi kalau ngurus negeri dengan penduduk 270 (juta orang), yang luas wilayahnya tanpa pengalaman kepemerintahan, wah susah,” kata JK dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

JK pun menceritakan ketika Pilpres 2014 lalu ketika Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri memintanya untuk mendampingi Jokowi. Menurut JK, dirinya diminta untuk mendampingi Jokowi karena dianggap berpengalaman di pemerintahan.

Nah dari kriteria-kriteria itu, menurut saya yang paling mendekati Anies,” kata JK. Mengingat, kata JK, Anies telah memiliki pengalaman, yakni pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Malah kalau Pak Jokowi hanya dua tahun jadi gubernur, menteri tidak pernah. Karena itu ya saya dampingi (saat Pilpres 2014) untuk lebih efektif,” pungkas JK.

[Admin/itbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here