Kepala DLH Cicik Roudlotul Jannah ketika meninjau lampu taman di Alun-Alun Pacitan

Beritainternusa.com,Pacitan – Keindahan alun-alun kota Pacitan tercoreng. Pasalnya ulah tangan jahil orang yang tidak bertanggung jawab tega merusak sejumlah fasilitas ruang terbuka hijau (RTH) di pusat kota tersebut. Seperti dua lampu taman dan satu bollard atau bola beton di trotoar yang sengaja dipecah. Kemudian ornamen pion catur dipindah dari tempatnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pacitan Cicik Roudlotul Jannah menyayangkan kejadian tersebut. Seharunya masyarakat bisa mengedepankan sikap saling memiliki dengan tidak merusak fasilitas yang ada di alun-alun. Memang fasilitas itu kami sediakan untuk kenyamanan dan keindahan alun-alun. Seharusnya kita saling menjaga apa yang sudah ada,’’ katanya kemarin (14/3/2023).

Cicik menduga pengrusakan fasilitas alun-alun itu dilakukan pada malam hari. Karena baru keesokan paginya fasilitas tersebut diketahui oleh petugas kebersihan DLH. Teman-teman yang nyapu ketika pagi itu mendapati bollard sudah dalam keadaan rusak di dekat lapangan basket. Kemudian ditemukan pecahan bola lampu sekitar dua hari lalu,’’ ungkapnya.

Dengan kejadian ini pihaknya harus mengeluarkan anggaran untuk memperbaiki sejumlah fasilitas alun-alun tersebut. Meskipun nilainya tak seberapa, tapi semestinya pengeluaran APBD bisa dihemat. Misalnya ada fasilitas yang rusak karena dimakan usia itu kan wajar. Berbeda jika fasilitas tersebut baru tapi karena ada tangan-tangan jail tentu kami menyayangkannya,’’ ujar mantan sekretaris inspektorat itu.

Cicik menyebut mempunyai anggaran pemeliharaan taman sekitar Rp 100 juta. Namun, alokasi itu digunakan untuk perbaikan seluruh RTH yang ada di Pacitan. Sehingga, pihaknya mesti mengedepankan skala prioritas untuk rencana perbaikan fasilitas taman. Kami tidak sampai membawa kasus ini ke ranah pidana. Kami hanya ingin mengimbau masyarakat Pacitan untuk mengedepankan sikap saling memiliki itu saja,’’ terang Cicik.

[Admin/rmbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here