Jaringan kabel PLN putus akibat tertimpa pohon tumbang

Beritainternusa.com,Pacitan – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengeluh dengan jaringan listrik di beberapa wilayah Pacitan yang sering byar pet. Keluhan itu kemudian disampaikannya kepada PLN ULP Pacitan melalui surat.

Manager PLN ULP Pacitan Nuzulul Panca Romadhona mengungkapkan, surat dari bupati tersebut masuk pekan lalu. Isinya tentang kondisi gangguan jaringan listrik yang terjadi di beberapa wilayah sehingga berdampak pada aktivitas perekonomian.

Kami jabarkan masalah mati listrik di wilayah tersebut salah satunya karena cuaca buruk dan pohon tumbang yang menimpa kabel jaringan PLN,’’ kata Romadhona Minggu (12/2/2023).

Dia mengatakan, kabel PLN yang ada saat ini merupakan jaringan terbuka. Sehingga, rawan putus ketika tertimpa ranting pohon. Apalagi, sekarang musim hujan yang disertai angin kencang. Romadhon mengaku pihaknya telah menempuh dengan cara perantingan yang berada di dekat jaringan kabel PLN.

Namun demikian, kata dia, sebagian masyarakat enggan pohon miliknya dipangkas. Kendati tujuannya baik, yakni untuk mengamankan jaringan kabel listrik dari gangguan nonteknis. Walaupun masuk seputaran kabel PLN, tapi ada warga yang nggak mau pohonnya dirapikan. Kami sudah matur pak bupati terkait ini dan beliau berjanji mau membantu menjembatani masalah tersebut,’’ terangnya.

Sebelumnya, aksi gropyok penyulang sempat dilakukan PLN. Kegiatan yang diikuti sekitar 70 personel dari Rayon Balong, Trenggalek dan Ponorogo itu menyasar pemangkasan ranting maupun pohon yang membahayakan jaringan kabel listrik mulai dari Arjosari hingga Nawangan. Dengan kegiatan ini, diharapkan aliran listrik bisa lebih handal dan tidak sering padam akibat terkena pohon tumbang,’’ ujar Romadhon.

[Admin/rmbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here