Pelayanan perekaman e-KTP di Pacitan

Beritainternusa.com,Pacitan – Program perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di kecamatan terkendala sumber daya manusia (SDM). Sebab, tenaga yang ada saat ini dianggap masih belum terlatih untuk mengoperasikan alat perekam e-KTP. Kami bertahap pelatihannya. Masing-masing dua orang per kecamatan,’’ kata Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pacitan Muhajir Ilham Senin (6/2/2023).

Dari 12 kecamatan di Pacitan, kata Muhajir, alat perekam e-KTP belum terpasang di tiga kecamatan. Meliputi Kecamatan Pacitan, Arjosari dan Pringkuku. Dengan demikian, pelayanan rekam e-KTP di wilayah tersebut sementara ini dilakukan di kantor disdukcapil.

SEbelumnya Kebonagung, setelah itu yang diberikan pelatihan bertahap dari Pringkuku, kemudian Arjosari dan terakhir adalah Pacitan,’’ ujar pria yang juga menjabat sebagai sekretaris disdukcapil itu.

Menurutnya, pengadaan alat rekam e-KTP tersebut dimulai sejak 2021. Nilainya Rp 150 juta per unit. Saat itu, alat rekam e-KTP yang dibeli ditempatkan di kantor Kecamatan Punung, Tegalombo, Donorojo dan Ngadirojo. Kemudian tahun lalu bertahap dari Kebonagung, Tulakan, Bandar, Nawangan, Sudimoro, Pringkuku, Pacitan dan Arjosari. Kalau untuk tahun ini tidak ada,’’ ucap Muhajir.

Meski demikian, pihaknya berniat untuk mengajukan dana tambahan di perubahan anggaran keuangan (PAK) 2023 untuk membeli dua unit alat rekam e-KTP.

Nantinya alat itu bakal ditempatkan di mal pelayanan publik (MPP) dan di kantor disdukcapil. Soalnya alat yang ada di sini (kantor disdukcapil) sering ngadat,’’ ungkapnya.

Opsi lainnya, kata Muhajir, menarik mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM) yang ada di kantor Kecamatan Tulakan untuk dipindah di MPP. Rencana ini sudah dibicarakan dengan Bupati Indrata Nur Bayuaji dan tinggal menunggu persetujuan. Ya, karena di MPP ini tidak ada alat untuk rekam e-KTP. Selain harus beli baru, sebenarnya bisa memanfaatkan mesin ADM tersebut,’’ pungkasnya.

[Admin/rmbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here