Putra Alm Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana dukung Anies Baswedan

Beritainternusa.com,Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengaku memahami pilihan Guruh Tirta Lunggana untuk mendukung pencapresan Anies Baswedan. Diketahui dukungan itu disampaikan putra dari Abraham Lunggana atau Haji Lulung ini secara langsung ke NasDem Tower, Minggu (29/1/2023).

Kami memahami pilihan tersebut adalah hak politik Mas Tirta,” kata Sekjen PPP Arwani Thomafi kepada wartawan, Senin (30/1/2023).

PPP sendiri yang saat ini bergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum menentukan resmi capres pilihan. Hal ini yang ditegaskan kembali oleh Thomafi menanggapi adanya dukungan Tirta untuk Anies.

Menurut Thomafi, PPP masih berfokus menyiapkan tahapan-tahapan menuju Pemilu yang mencakup Pileg serta Pilpres Ke Mas Tirta ya, saat ini kami fokus pada membenahi kesiapan kita tahapan yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu mengenai posisi Tirta, Thomafi menegaskan Tirta masih merupakan kader PPP. Hanya saja Tirta bukan lagi sebagai Ketua DPW DKI Jakarta. Thomafi beruuar Tirta mundur dari jabatannya di DPW. Ya saya dengar gitu (masih kader),” ujar Thomafi.

Sebelumnya, kader PPP Guruh Tirta Lunggana mengunjungi kantor DPP NasDem terkait dukungan dirinya kepada Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden pada pemilu 2024.

Dari tahun 2017, almarhum (Abraham Lunggana/Haji Lulung) bersama-sama Pak Anies, dan sekarang insyaallah kami akan melanjutkan perjuangan yang akan mengawal Pak Anies,” kata Tirta Lunggana kepada wartawan di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Tirta Lunggana merupakan anak Haji Lulung, seorang politikus PPP yang pernah menjabat sebagai anggota DPR untuk Dapil DKI Jakarta III dari tahun 2019 hingga 2021 di Komisi VII. Selain mengunjungi NasDem, Tirta mengatakan bahwa dirinya juga akan mengunjungi Partai Demokrat dan PKS.

Kalau kapannya (mengunjungi Demokrat dan PKS), saya belum tahu. Kami tunggu diundang. Seperti itu,” ucap Tirta. Tirta mengatakan bahwa dirinya akan terus berusaha untuk berjuang bersama Anies Baswedan, meskipun PPP belum menetapkan siapa calon presiden yang akan diusung partai tersebut bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Ketika disinggung bagaimana jika PPP mengusung calon presiden selain Anies, ia mengatakan bahwa dirinya akan tetap melanjutkan perjuangan untuk mendukung Anies di tempat berbeda.

Kami akan berusaha untuk bersama-sama pengurus lain dengan keluarga besar yang lain tentunya. Apakah langkah selanjutnya kami akan bertahan atau kami akan melanjutkan lagi perjuangan di tempat berbeda, seperti itu,” tuturnya.

Dalam pertemuan antara Tirta dengan NasDem, turut hadir politisi senior Bestari Barus. Bestari secara terbuka mengundang Tirta untuk bergabung dengan partai NasDem dan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Ini semuanya kader PPP yang datang, eks mantan dulu dari PAN, pindah ke PPP, sekarang ini harapannya enggak basa basi, pindahlah ke Nasdem,” ujar Bestari Barus.

Diberitakan sebelumnya, Tirta baru saja dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPW PPP DKI Jakarta melalui SK Nomor 0790/SK/DPP/W/I/2023 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Kepengurusan DPW PPP Provinsi DKI Jakarta Masa Bakti 2021-2026.

Dalam SK terbaru terdapat susunan, antara lain, Ketua DPW PPP DKI Jakarta Syaiful Rahmat, Sekretaris Guruh Tirta Lunggana, Wakil Sekretaris Junaedi, Wakil Sekretaris Hermansyah, Bendahara Mujahid Samal, Wakil Bendahara Mulyadi, dan Wakil Bendahara Sumartini.

[Admin/scbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here