Kuliner khas Gunungkidul

Beritainternusa.com,Gunungkidul – Gunungkidul menyimpan banyak kuliner nikmat dan lezat. Terdapat beberapa tempat yang menawarkan kuliner khas Gunungkidul yang menyimpan cita rasa khas dan otentik yang tidak bias ditemukan di tempat lain.

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Jogjakarta. Kabupaten ini tidak hanya memiliki berbagai panorama alam yang indah dan mempesona. Namun, terdapat pula berbagai kuliner atau makanan yang tidak boleh kita lewatkan saat bekunjung ke Gunungkidul.

Setidaknya ada 4 kuliner khas Gunungkidul, yang cocok disantap bersama teman atau keluarga serta dijamin bikin nagih. 

  1. Pawon Purba 

Diawali oleh Pawon Purba. Warung makan ini akan membawa kita ke situasi pawon zaman dahulu. Lengkap dengan berbagai peralatan dapur tradisional khas Jogja. Selain itu Pawon Purba juga menawarkan berbagai makanan Jogja yang nikmat. 

Misalnya saja sayur lombok hijau, sambel bawang, trancam dan lain sebagainya. Kita juga dapat makan dengan pemandangan gunung Api Purba Nglanggeran dan hijaunya sawah. Lokasi Pawon Purba ada di Nglanggeran Kulon, Gunungkidul Yogyakarta. 

  1. Bakmi, Soto & Ayam Goreng Mbah Noto

Kuliner yang satu ini menawarkan varian yang lengkap. Ada bakmi, soto dan ayam goreng di warung Mbah Noto. Semua makanan tersebut menawarkan citarasa yang nikmat dan lezat. Selain itu rasanya cukup otentik sehingga kita tidak akan menemukan di tempat lain. 

Tempatnya pun sederhana, tetapi nyaman sehingga kita akan dibawa ke dalam nuansa pedesaan yang kental. Bakmi, Soto dan Ayam Goreng Mbah Noto lokasinya ada di Jalan Jogja – Wonosari, Plumbon Lor, Logandeng, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. 

  1. Lesehan Nasi Merah Pari Gogo 

Kuliner khas Gunungkidul berikutnya adalah Lesehan Nasi Merah Pari Gogo. Warung ini sudah ada sejak lama dan pernah disinggahi oleh para pejabat. Di antaranya Megawati dan Sultan Hamengkubuwono X, pernah menikmati makanan disini. 

Selain nasi merah, di warung juga juga memiliki empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo dan trancam. Lokasi Nasi Merah Pari Gogo ada di Pasar Munggi, Semanu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Kedai Lobster Pak Sis 

Terakhir ada Kedai Lobster Pak Sis. warung ini cocok bagi kita para pecinta masakan laut terutama lobster. Pasalnya di Pak Sis lobster yang disajikan ukurannya terbilang besar, dan rasanya lezat. Selain itu terdapat berbagai makanan seafood yang bisa kita nikmati. 

Lokasi Kedai Lobster Pak Sis ada di Jalan Pantai Timang, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Provinsi DI. Yogyakarta. 

Oke, itu tadi informasi mengenai 4 makanan khas gunung kidul yang bisa menjadi pilihan kita apabila berkunjung ke Jogja nantinya. 

[Admin/scbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here