Rumah Suharti di Desa Gegeran, Kecamatan Arjosari rusak terdampak bencana hidrometeorologi

Beritainternusa.com,Pacitan – Puluhan rumah di Kecamatan Arjosari terdampak bencana hidrometeorologi. Di Dusun Krajan Wetan, Desa Gegeran misalnya.

Rumah Suharti, warga setempat rusak tertimbun material longsor. Saat ini, perempuan 64 tahun itu mengungsi ke tempat saudarnya untuk menghindari bencana susulan. Saya takut kembali ke rumah karena khawatir terjadi longsor,’’ kata Suharti, Jumat (18/11/2022).

Camat Arjosari Didik Darmawan mengungkapkan sesuai data sementara yang tercatat ada sebanyak 41 rumah di 11 desa yang mengalami kerusakan akibat bencana tanah longsor dan banjir.

Adapun desa yang terdampak itu meliputi Mangunharjo, Jetis Kidul, Kedungbendo, Gegeran, Borang, Arjosari, Sedayu, Mlati, Gayuhan, Temon serta Pagotan. ‘’Selain itu, infrastruktur jalan dan jembatan juga rusak akibat longsor serta banjir,’’ katanya.

Didik menambahkan dampak terparah bencana hidrometeorologi yang dirasakan oleh masyarakat ada di Desa Sedayu. Tercatat ada 12 unit rumah rusak. Kemudian di Desa Mangunharjo dilaporkan tujuh rumah warga rusak. Lalu, empat rumah rusak di Desa Temon.

Kami mengingatkan kepada warga untuk tetap waspada dari ancaman bencana longsor dan banjir. Terutama bagi mereka yang rumahnya di pinggir bantaran sungai maupun di lereng bukit,’’ tuturnya.

[Admin/rmbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here