Beritainternusa.com,Gunungkidul – Bupati Gunungkidul Sunaryanta kembali memecat satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN). Pemecatan tersebut dilakukan lantaran yang bersangkutan dinilai sudah melakukan pelanggaram tingkat berat.

Kabar pemecatan tersebut dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Iskandar.

Betul (ada pemecatan), sudah diserahkan hari ini,” ungkapnya dihubungi pada Selasa (16/08/2022). Iskandar mengatakan Surat Keputusan (SK) terkait pemecatan tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Gunungkidul.

Adapun sanksi yang diberikan berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri. Pegawai yang dikenakan sanksi tersebut adalah wanita berinisial N.

Ia diketahui merupakan seorang dokter dan bekerja di salah satu rumah sakit milik pemerintah. Sanksi diberikan lantaran N kedapatan menjalin hubungan di luar pernikahan.

Tindakannya ini pun dinilai melanggar Pasal 14 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 10/1983 yang diubah dalam PP 45/1990 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian. Yang bersangkutan terbukti sudah melakukan pelanggaran tingkat berat,” jelas Iskandar.

Sebelum ini, Bupati Gunungkidul Sunaryanta juga memecat dua ASN dengan pelanggaran yang sama. Keputusan pemecatan ini pun dinyatakan sudah sesuai dengan aturan dan wewenang bupati.

Iskandar mengatakan, dengan adanya sanksi ini, maka N dinyatakan sudah tidak lagi bekerja sebagai ASN. Meski demikian, N memiliki kesempatan untuk mengajukan keberatan atas sanksi yang diterimanya itu.

Yang bersangkutan memiliki hak mengajukan keberatan ke Badan Pertimbangan ASN (BPASN),” ujarnya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan keputusan tersebut diberikan sebagai peringatan agar jajarannya mematuhi aturan yang berlaku. Terutama sebagai ASN. Menurutnya, sebagai abdi negara, seluruh pegawai wajib mengikuti aturan yang ada.

Ia pun menyatakan tidak segan untuk bertindak tegas jika ada jajarannya yang terbukti melanggar sumpah janji sebagai ASN.

Kalau kita mengkhianati itu (sumpah janji), artinya juga mengkhianati masyarakat,” kata Sunaryanta pada wartawan.

[Admin/tbbin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here