BPBD Gunungkidul

Beritainternusa.com,Gunungkidul – Hujan masih mengguyur sebagian wilayah DIY beberapa hari belakangan ini. Namun begitu setidaknya ada 9 kapanewon di Kabupaten Gunungkidul yang mulai mengalami kekeringan.

Pemerintah kapanewon tersebut pun mengajukan permohonan bantuan air bersih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan penyaluran (dropping) air bersih sudah mulai dilakukan sejak Senin (14/62021) lalu.

Lokasinya di Kalurahan Girisekar, Panggang, ada empat pedukuhan yang menerima dropping air,” kata Edy, Rabu (16/6/2021).

Keempat pedukuhan tersebut antara lain Jeruken, Warak, Pijenan, dan Mendak. Tiap pedukuhan mendapat jatah empat tangki air, tiap tangki berisi sekitar 5 ribu liter. Selain Panggang, kapanewon lain yang sudah mengajukan permohonan adalah Girisubo, Rongkop, Tepus, Tanjungsari, Saptosari, Purwosari, Paliyan, dan Semin.

Kemungkinan jumlah kapanewon yang mengajukan permohonan akan bertambah saat puncak musim kemarau,” jelasnya.

Edy mengatakan pihaknya menyiapkan anggaran Rp700 juta untuk dropping air bersih tahun ini. Sebanyak enam kendaraan tangki air pun disiapkan untuk proses distribusinya.

Ia optimistis dana tersebut mencukupi untuk penanganan kekeringan. Berkaca dari musim kemarau tahun lalu, serapan anggaran hanya sekitar Rp400 juta, untuk 15 kapanewon.

Panewu Anom Girisubo Arif Yahya mengatakan pihaknya juga sudah mulai melaksanakan dropping air, sebelum BPBD melakukan penyaluran. “Dropping air yang ditangani kapanewon salah satunya dilakukan di Kalurahan Tileng,” jelas Arif.

Ia mengatakan terdapat 10 kalurahan di Girisubo yang berpotensi mengalami krisis air saat kemarau. Hal itu diketahui setelah pihaknya melakukan pendataan dan pemetaan wilayah.

Menurut Arif, pelaksanaan dropping air di wilayahnya berbagi dengan BPBD Gunungkidul. Saat ini, terdapat 8 kalurahan yang menjadi sasaran penyaluran bantuan.

Empat kalurahan ditangani kapanewon, sedangkan empat lainnya dibantu dari BPBD Gunungkidul,” katanya.

[Admin/tb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here