Museum Sumpah Pemuda.

Beritainternusa.com,jakarta – Sejumlah museum di wilayah Jakarta Pusat baru akan beroperasi mulai pekan depan. Meskipun pada 20 Agustus kemarin, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang mengizinkan museum bisa dibuka kembali.

Namun seluruh museum di Jakarta Pusat tidak akan dibuka pada libur akhir pekan ini. Sehingga warga DKI Jakarta belum bisa kembali menghabiskan waktu liburnya di semua museum di Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kasudin Parekraf) Jakarta Pusat, Irwan Septinadi membeberkan alasan mengapa museum di Jakarta Pusat belum dibuka pada pekan ini.

“Untuk minggu ini seluruh museum di wilayah Jakarta Pusat belum efektif dibuka karena ada dua tanggal merah dan cuti bersama. Museum mulai efektif pekan depan,” kata Irwan dalam keterangannya, Jumat (21/8).

Irwan menjelaskan, setelah efektif beroperasi, museum-museum yang ada di wilayahnya akan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Misalnya menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, maupun penerapan jaga jarak.

“Pengoperasian museum nantinya berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pengunjung wajib pakai masker dan dicek suhu tubuhnya dengan thermo gun,” ucapnya.

Sesuai dengan SK Kadis Parekraf Nomor 2976 tahun 2020, jumlah pengunjung juga harus dibatasi sampai 50 persen saja. Selain itu, museum tersebut juga hanya boleh mempekerjakan 50 persen pekerja setiap harinya. Termasuk juga pemilik usaha yang berjualan atau punya usaha di museum tersebut, jumlahnya tidak boleh lebih dari 50 persen. Sehingga tidak terjadinya kepadatan di dalam suatu ruangan.

“Jumlah pengunjung maupun pekerja semuanya dibatasi. Jam operasional juga kita batasi dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB saja. Intinya semua pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Berikut daftar sejumlah museum di Jakarta Pusat yang baru akan dibuka pekan depan:

Museum Taman Prasasti

Museum Kebangkitan Nasional

Museum Sumpah Pemuda

Museum Nasional

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Gedung Joang 45

Museum Jendral AH Nasution

Museum Mohammad Hoesni Thamrin

Museum Jendral Ahmad Yani

Museum Adam Malik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here