labu siam

Beritainternusa.com,Jakarta – Labu siam adalah sayuran hijau yang sering digunakan sebagai bahan pokok suatu masakan. Sayuran yang memiliki nama latin Sechium edule ini memiliki rasa yang manis dan enak sehingga cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Tidak hanya rasanya yang enak, ternyata sayuran yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Simak ulasan mengenai 10 manfaat labu siam yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

Mencegah Sembelit

Manfaat labu siam yang pertama adalah dapat mencegah sembelit yang mengganggu sistem pencernaan. Sebab, labu siam ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sayuran yang satu ini dapat mengatur sistem pencernaan Anda agar tetap sehat.

Saran konsumsi labu siam yang baik adalah hindari penggunaan minyak berlebih pada saat memasak sayuran sehat yang satu ini.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat labu siam berikutnya yaitu ampuh menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Sayuran yang manis ini mengandung lemak dan kalori yang cukup rendah sehingga Anda dapat mengurangi penimbunan lemak di tubuh.

Kandungan inilah yang juga menyebabkan Anda kenyang lebih lama sehingga rasa lapar akan lebih dapat terkontrol.

Mengobati Batu Ginjal

Manfaat labu siam yang ketiga yakni dapat mengobati batu ginjal. Batu ginjal sendiri merupakan sebuah gangguan kesehatan yang muncul sebagai akibat dari endapan keras pada saluran air kencing.

Penyakit ini membuat penderitanya dapat merasakan sakit dan nyeri pada saluran kencing ketika hendak buang air kecil. Kendati demikian kini Anda tidak perlu khawatir sebab dengan mengonsumsi labu siam, Anda dapat mengobati hingga mencegah terjadinya batu ginjal.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Manfaat labu siam berikutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan ini, mengonsumsi labu siam dapat menjadi sebuah solusi yang patut dicoba.

Labu siam ini dapat mengatur tekanan darah lantaran memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menyeimbangkan efek natrium pada hipertensi.

Mengatasi Anemia

Manfaat labu siam yang kelima yakni dapat dikonsumsi untuk mengatasi anemia atau penyakit kekurangan darah. Tidak banyak diketahui, ternyata labu siam memiliki kandungan vitamin zat besi yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin.

Hemoglobin ini kemudian bertugas untuk mengikat oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar agar tubuh mendapatkan energi.

Mencegah Kanker

Manfaat labu siam yang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker. Labu siam yang memiliki kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik ini dapat mengikat radikal bebas yang membahayakan sel-sel tubuh.

Zat dan senyawa pada radikal bebas apabila masuk ke dalam tubuh dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Maka dari itu, mengonsumsi labu siam secara rutin merupakan salah satu langkah yang tepat guna mencegah penyakit kanker yang dapat mengancam nyawa.

Penangkal Radikal Bebas

Telah diketahui bahwa labu siam memiliki kandungan yang baik dan berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dengan mengikat radikal bebas. Manfaat labu siam yang satu ini tidak lain disebabkan oleh kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Tidak hanya menyebabkan kanker, radikal bebas juga diklaim dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti penuaan dini, kusam, dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat labu siam yang ke delapan yakni dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan homosistein yang berlebih di dalam jantung dapat ditekan dengan kandungan folat yang terdapat pada sayuran hijau yang satu ini.

Selain mengonsumsi labu siam secara rutin, ada baiknya agar selalu melakukan aktivitas fisik seperti olahraga agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat labu siam selanjutnya yakni baik bagi kesehatan ibu hamil yang membutuhkan banyak asupan bergizi. Sebab, labu siam ini memiliki asam folat, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E, kalium, serta magnesium yang berguna bagi perkembangan otak janin.

Penelitian terkait ibu hamil menunjukkan bahwa kekurangan asam folat pada saat kehamilan akan menyebabkan gangguan seperti cacat saraf, masalah jantung, malformasi ekstremitas, hingga keguguran.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat labu siam yang terakhir yakni sebagai penurun kolesterol jahat yang terkandung di dalam tubuh. Hal ini lantaran labu siam tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol jahat dan sedikit kalori.

Maka dari itu, menjadikan labu siam sebagai salah satu asupan makanan sehari-hari adalah pilihan yang tepat guna menjaga kadar kolesterol tetap di batas normal. Selain dengan mengonsumsi labu siam, pastikan pula agar selalu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

[Admin]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here