Yudo Margono

Beritainternusa.com,Jakarta – TNI membentuk komando tugas gabungan terpadu (Kogasgabad) sebagai bagian dari gugus tugas percepatan penanganan COVID -19. Kogasgabad  ini tersebar di empat wilayah dari mulai rumah sakit darurat Corona di Wisma Atlet Kemayoran hingga Pulau Galang, Kepulauan Riau.

“Kogasgabad di Jakarta di Wisma Atlet yang dijabat oleh Pangdam Jaya kemudian Kogasgabad di Natuna yang dijabat Pangkoopsau 1, Kogasgabad di Pulau Sebaru yang dijabat Pangkoarmada 1, serta Pulau Galang Pangdam 1 Bukit Barisan,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono dalam konferensi pers yang disiarkan di laman YouTube BNPB, Senin (23/3/2020).

Yudo menjelaskan keempat komando tugas gabungan terpadu itu akan bertugas untuk melaksanakan observasi pasien Corona. Khusus untuk Wisma Atlet, Yudo menjelaskan hari ini rumah sakit darurat Corona itu sudah bisa digunakan.

“Wisma Atlet di mana sudah ditinjau bapak presiden, dan sudah langsung operasional di bawah Pangdam Jaya sebagai pangkogasgabad, di sini jam 17 akan sudah siap operasional,” ujar dia.

Yudo menjelaskan nantinya bakal tiga satuan tugas di Wisma Atlet. Mereka merupakan tenaga medis hingga anggota pengamanan.

“Satgas pendamping terdiri dari tenaga medis yang menangani langsung di ring 1. Kemudian untuk satgas pendukung yang terdiri dari para pendukung dalam hal ini tim yang memasak, pengendali dari Kodam, kita dari Kogabwilhan, kemudian ada satgas PAM yang terdiri dari satuan petugas pengamanan Marinir, Koppasus, dan Paskhas TNI AU,” ujar dia.  [Har]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here