Tol Kayuagung-Palembang

Beritainternusa.com,Sumsel – Sejumlah tiang pagar pembatas Tol Palembang-Kayu Agung di Sumatera Selatan (Sumsel) hilang dicuri orang. Padahal peresmian tol tersebut hanya tinggal menghitung hari.

“Benar, tiang GuardRail pagar pengaman lalu lintas hilang. Hilangnya dicuri,” tegas Kepala Proyek Seksi I Palembang-Kayu Agung PT Waskita Sriwijaya, Gunawan ketika dikonfirmasi, Rabu (11/3/2020).

Tiang pagar pembatas tol dan fasilitas itu hilang sejak beberapa bulan terakhir. Beberapa tiang hilang sempat diperbaiki. Tapi 20 tiang di titik lain kembali hilang dan dibongkar paksa.

Diperkirakan pencurian dan perusakan tersebut menimbulkan kerugian lebih dari Rp 100 juta. PT Waskita Sriwijaya telah melaporkan peristiwa ini ke pihak kepolisian.

“Kalau dihitung total bisa lebih dari Rp 100 juta, tapi kalau yang 20 titik masih dibawah Rp 50 juta. Termasuk juga ada perusakan pagar panel pengaman area JPO, pagar kawat ROW, juga reflektor dan rambu banyak yang hilang dan dirusak,” kata Gunawan.

Dia mengatakan pencurian ini membuat pihaknya mesti melakukan pengadaan ulang fasilitas yang hilang. Pengadaan ulang akan membutuhkan waktu lama.

Untuk mencegah terjadinya pencurian, ia memastikan sudah melakukan patroli rutin siang dan malam. Hanya saja para pelaku beraksi setelah tim patroli lewat.

Dalam catatan Waskita, beberapa barang hilang antara lain pagar panel pengaman area JPO, pagar kawat ROW, reflektor dan rambu. Jika ditotal kerugian akibat pencurian mencapai Rp 100 juta lebih.

Terkait kasus ini, polisi sudah menangkap seorang pelaku. Pelaku berinisial RK ditangkap pada Januari lalu. Polisi masih memburu dua orang pelaku lainnya.

“Kehilangan itu sudah pernah laporannya kami terima. Satu pelaku inisial RK telah ditangkap,” terang Kasatreskrim Polres Ogan Komering Ilir, AKP Agus Prihadinika saat dikonfirmasi, Rabu (11/3).

Warga SP Padang, Ogan Komering Ilir (OKI) itu ditangkap karena mencuri besi tiang dan besi coran beton tol. Pencurian besi-besi dilakukan malam hari di proyek Tol KAPB paket 1 Seksi 1 A STA 1+598 hingga STA 8+277,5 8000. Dari penangkapan itu, polisi menyita 17 batang besi ulir, 15 kg besi ulir dan besi cincin polos. Selain itu, ada pula 14 besi coran beton di proyek Tol Palembang-Kayu Agung.

Untuk diketahui, besi-besi pagar hilang dicuri mendekati jadwal peresmian tol. Tol rencananya bakal diresmikan pada minggu kedua bulan ini atau menunggu jadwal Jokowi. [Har]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here