Beritainternusa.com,Jakarta – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat akan menggelar persidangan terdakwa kasus dugaan melawan polisi saat aksi pelajar tolak RKUHP di Gedung DPR RI pada September 2019 lalu, Luthfi Alfiandi (20) pada hari ini, Kamis (30/1). Dengan agendanya pembacaan vonis tuntutan kepada Luthfi oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Pengacara Luthfi, Sutra Dewi mengatakan bahwa dirinya optimis pada putusan hari ini, dirinya yakin jaksa penuntut umum akan membebaskan kliennya dari hukuman pidana penjara. Dewi menambahkan, sidang putusan Luthfi nanti dilaksanakan sekira pukul 14.00 WIB.

“Tentunya kami sangat optimis (Luthfi akan dibebaskan),” ucap Dewi kepada wartawan, Kamis (30/1).

Sebagaimana diketahui, pada sidang kemarin Rabu (29/1), majelis hakim pengadilan negeri Jakarta Pusat, menyatakan bahwa Luthfi terbukti melakukan tindak pidana Kejahatan Terhadap Penguasa Umum sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 218 KUHP.

Setelah pembacaan tuntutan terhadap Luthfi, Kuasa Hukum Luthfi Andris Basril menyatakan keberatan dan meminta untuk pembebasan kliennya. Karena, kata dia, bahwa pada saat penangkapan Luthfi hendak pulang ke rumahnya.

“Kami juga secara lisan sudah melakukan pembelaan. Jadi melakukan pleidoi bahwa kita tidak sepakat dengan tuntutan itu, dengan pasal yang disangkakan, dengan tuntutan 4 bulan penjara,” ucap Andris di PN Jakpus, Rabu (29/1).

“Bahwa kami tidak sepakat dengan pasal 218. Seharusnya yang dilihat dari fakta persidangan. Yang terungkap bahwa unsur itu tidak masuk dalam apa yang didakwakan atau dituntut,” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here