Kapolri Jenderal Idham Azis ( Foto:Agus Rahmat/Viva/Red)

Beritainternusa.com, Jakarta- Presiden Joko Widodo resmi melantik Komjen Idham Azis sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 1 November 2019. Idham menggantikan Tito Karnavian yang terpilih menjadi Menteri Dalam Negeri.

Pelantikan dilakukan sekitar pukul 09.40 WIB. Sejumlah pejabat negara hadir dalam pelantikan ini. Mulai para menteri di Kabinet Indonesia Maju, pimpinan DPR, hingga pimpinan MPR.

Pengangkatan Idham ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 97 Polri tahun 2019 tentang pengangatakan Kepala Kepolisian RI. Keputusan ini berlaku usai saat dilantik.

Sebelum pelantikan, dinyanyikan terlebih dulu lagi Indonesia Raya. Idham yang mengenakan seragam perwira tinggi dengan bintang tiga Polri diambil sumpah jabatan sesuai keyakinannya dengan dipimpin Jokowi.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia pada negara kesatuan RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI 1945. Serta akan menjalan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Jokowi.

Idham pun mengikuti ucapan Jokowi. Usai sumpah jabatan, Idham pun melakukan penandatanganan yang disaksikan eks Kapolri Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Usai sumpah jabatan Kapolri, ada penyematan kenaikan pangkat dari Komjen bintang tiga menjadi Jenderal bintang empat.

red/viva/AR/

ed: bsl

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here