Beritainternusa.Com, Kotabaru (Kalsel). Sejumlah anggota Indorunners Kabupaten Kotabaru, menggelar kegiatan Bhakti Sosial di Sungai Teluk Gadang sambil memungut sampah berbagai jenis limbah rumah tangga di bantaran sungai bawah Jembatan RT. 03 Desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara, Rabu 23 Oktober 2019.

Founder sekaligus captain Indorunners Kotabaru, Alam Rengga Sukmawijaya. SH mengatakan, club Indorunners Kotabaru bukan hanya club lari semata, akan tetapi juga bergerak di bidang sosial, peduli lingkungan serta membantu masyarakat yang kurang mampu, dan hal ini untuk menumbuhkan rasa peduli anggota Indorunners kepada masyarakat agar tergerak hatinya untuk membantu dan peduli terhadap lingkungan.

Dari pantauan Awak Media Berita Internusa.Com. Kegiatan itu sebagai upaya membangun kesadaran warga masyarakat setempat agar jangan membuang sampah kesungai, akan tetapi membuang sampah pada tempatnya, dan berupaya mencipatakan lingkungan bersih dan sehat bebas dari penyakit malaria di Desa tersebut, khususnya warga yang bertempat tinggal di bantaran Sungai Teluk Gadang.

Bukan hanya satu titik saja sampah menumpuk di wilayah Desa tersebut, bahkan ada beberapa titik tumpukan sampah yang dibuang warga masyarakat setempat kesungai membuat aliran sungai tersumbat serta mengeluarkan  aroma tidak sedap dengan air berwarna hitam pekat. Ditambah lagi ada beberapa limbah industri pabrik tahu dan tempe milik warga yang air limbahnya langsung dialirkan kesungai.

Salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, bahwa wilayah teluk gadang ini jikalau musim hujan lebat sering terjadi banjir, apalagi ini musim kemarau ada beberapa warga sempat terserang penyakit malaria.

“Memang kami akui sebagian besar warga banyak membuang sampah limbah rumah tangga langsung kesungai, padahal tempat sampah sudah disediakan oleh Dinas DLH disamping Gor Bamega, akan tetapi mungkin sudah budaya malas dan SDM warga kurang mengerti tentang arti kebersihan dan menciptakan lingkungan yang sehat, padahal baru saja diketahui warga bahwa adanya Peresmian Bank Sampah Mekarsari dan Gedung Pelatihan Desa Semayap beberapa hari yang lalu yang diresmikan Bapak Bupati,” imbuhnya.

Alam Rengga Sukmawijaya. SH juga berpesan kepada warga yang berada diwilayah Teluk Gadang khususnya Desa Semayap dan sekitarnya agar lebih peduli terhadap lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat. (MUD-BIN)*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here