Beritainternusa.com, JAKARTA— Sekretaris Jenderal MPR, Ma’ruf Cahyono mengatakan bahwa  pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin pada Minggu 20 Oktober nanti sudah siap dilaksanakan. Hal tersebut dikemukakannya  di Kompleks Parlemen Senayan, pada, Jumat (18/10).

Ma’ruf mengatakan, pada prinsipnya MPR siap melaksanakan kegiatan lima tahunan itu, “pada pukul 14.00 WIB nanti akan digelar gladikotor pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Kemudian, pada Sabtu 19 Oktober besok bakal digelar gladiresik.” Katanya.

Dia menjelaskan, tata tempat di ruang Rapat Paripurna I Gedung Nusantara juga sudah sangat siap. Termasuk juga penempatan para undangannya.

Ma’ruf menambahkan yang diundang ke acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf nanti  bukan hanya anggota MPR RI. “Karena syarat dari Sidang Paripurna adalah kehadiran anggota MPR RI yang juga memenuhi kuorum, dalam arti meskipun tidak mengambil keputusan tapi dalam peraturan yang ada memang 50%,” tuturnya.

“Ya Alhamdulillah kemarin dengan secara langsung menyampaikan undangan MPR, datang dari mulai presiden kelima Megawati, ya siap hadir, Presiden SBY juga siap hadir,” kata Maruf.

Menurutnya, selain para presiden terdahulu, mantan capres dan cawapres Prabowo Subiyanto dan Sandiaga Uno juga sudah mengkonfirmasi kehadiran. Presiden juga yang mau dilantik, Wakil Presiden Kiai Haji Maruf Amin juga pasti hadir. Selain itu, para ketua umum partai politik,  juga akan hadir.

MPR berharap, kehadiran tokoh bangsa membawa pesan positif tidak hanya untuk Indonesia tapi juga dunia.

“Tokoh-tokoh akan hadir dalam pelantikan dan membawa pesan positif tidak hanya internal kita, tapi juga dunia internasional bahwa perhelatan lima tahunan pemimpin nasional tingkat presiden mendapat citra yang baik di mata internasional. Nanti dampaknya akan baik ya,” tandasnya. (Red-BIN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here