Beritainternusa.com, Kotabaru (Kalsel) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia Ke-74 tanggal 5 Oktober tahun 2019 di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan dilaksanakan dengan sederhana namun hidmat  bertempat di Maskas Komando Angkatan Laut Kotabaru dengan Inspektur Upacara Komandan Angkatan Laut Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, S.T ( NRP. 14906/P ) tampil sebagai  Komandan Ucapara Kapt Laut (P) Firman.

Upacara diikuti oleh peserta  terdiri dari jajaran satuan Kodim 1004/Kotabaru,  Lanal Kotabaru, Polres Kotabaru, Satpol PP Kotabaru dan Pramuka. Hadir pada acara tersebut Bupati Kotabaru diwakili Asisten III Drs. H. Murdianto, M.Si, Sekretaris Daerah diwakili Asisten II Ir. H. Hasbi M. Tawab, SH, Kodim 1004/Kotabaru dihadiri semua perwira,  Kapolres Kotabaru diwakili Waka Polres Kompol Doli M. Tanjung serta semua perwira, Kajari Kotabaru diwakili Staf Intel Bimo  Bayu Adji Kiswanto.

Amanat Panglima TNI pada HUT ke-74 ini dibacakan oleh Dan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Yudhanto S, S.T  Berikut amanat lengkapnya; Para perwira, bintara dan tamtama serta PNS dilingkungan TNI yang saya cinta yang saya banggakan. Sebagai insan yang beriman dan bertaqwa marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT atas segala limpahan dan karunia-Nya sehingga kita dapat menyelenggarakan upacara peringatan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan sehat wal-afiat. Prajurit TNI dan PNS TNI dimanapun bertugas dan berada beserta keluarga besar TNI dalam rangka HUT ke-74 TNI yang kita cintai dan kita banggakan bersama.

Panglima TNI sangat bangga pada anggota TNI yang melaksanakan tugasnya profesional siap bertugas yang dipercayakan rakyat bangsa dan Negara, masyarakatpun akan bangga pada TNI yang melaksanakan tugas secara profesionalitas. itu harus disyukuri dan menjadi cambuk bagi TNI agar berbuat yang lebih baik lagi. Oleh karena itu Tema pada HUT ke-74 tahun 2019 TNI Profesional Kebanggaan Rakyat.

Pada kesempatan ini pula selaku Panglima TNI atas nama seluruh prajurit TNI dan PNS TNI rasa hormat dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas Negara. Kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas yang diamanatkan selanjutnya semoga keluarga yang ditinggalkan diberi keihlasan dan kesabaran.

Tugas TNI tidak terlepas dari pertumbuhan lingkungan strategis yang berkembang dinamis yang semakin konpleks. Perang Cyber yang merupakan perang informasi yang sangat merusak kehidupan bermasyarakat dan bernegara.  Ancaman militer maupun Non militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya.

Menghadapi ancaman tersebut maka TNI harus siap mengatasinya karena Indonesia sebagai Negara kepulauan.  Panglima TNI akan memberikan penekanan kepada TNI maupun PNS TNI dimanapun bertugas untuk dilaksanakan yaitu:

  1. Perkokoh iman dan taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa serta luaskan hati untuk terus beribadah karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri.
  2. Tingkatkan profesionalisme TNI dengan tegus memegang nilai-nilai keperajuritan TNI dengan rakyat agar menjadi pemersatu bangsa.
  3. Tingkatkan kewaspadaan dan profosionalitas terhadap sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang semakin konplek.
  4. Sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif.
  5. Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas TNI hanya semata- mata untuk kepentingan bangsa dan Negara yang tercinta ini.                                                   Semoga Tuhan Yang Kuasa Allah SWT meridhoi pengabdian TNI pada Negara Republik Indonesia yang kita cintai. Dirgahayu TNI ke-74 selamat bertuga dimanapun berada. (BHD/BIN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here