Beritainternusa.com, NTT — 1000 perampuan Nagekeo Kecamatan Nangaroro memikul 1000 periuk/tembikar dalam acara Festival Literasi Nagekeo, merupakan peserta acara yang berlangsung di akhir September 2019 yang baru lalu, dibuka secara resmi  oleh Bupati Nagekeo Donbosko Do di lapangan Berdikari Danga (NTT).

Dalam sambutannya Bupati Nagekeo menegaskan bahwa literasi secara substansi tidak saja bermakna pada proses pembelajaran pengetahuan dari aspek pengenalan baca tulis atau melek huruf pada masyarakat pendidikan saja,  namun juga berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk memahami pengetahuan yang lebih komprehensif demi kesejahteraan masyarakat.

“Dengan pendasaran ini sejatinya literasi menembus batas pemaknaan pada seluruh aspek kehidupan seperti seni dan budaya, teknologi dan informatika, lingkungan dan pertanian, ekonomi kreatif, reformasi birokrasi dan sumber daya manusia. Oleh karena itu, kegiatan Festival Literasi Nagekeo 2019 ini memiliki peran penting dalam proses mencerdaskan masyarakat Nagekeo untuk memaknai budaya kehidupan, kata Bupati.

Salah satu acara unik dalam kegiatan festival tersebut adalah parade Esu Kose. Parade ini dilakoni oleh perampuan sebanyak 1000 orang dengan memikul tembikar di kepala berjalan sepanjang 1,5 km dari halaman Bupati Nagekeo menuju lapangan Berdikari Danga. Para perampuan tersebut mengenakan pakaian adat Nagekeo lengkap kain (lawo) dengan warna dasar merah hati bermotif kombinasi putih dan kuning serta baju (Kodo) berwarna hitam.

Dalam rangka Festival Literasi Nagekeo 2019, Coaster Ndora yang dipercayakan oleh Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do untuk menampilkan 1000 periuk/tembikar “Esu Kose” yang sudah 40 tahun lebih masyarakat Ndora tidak lagi kerjakan periuk dari tanah. Esu adalah nasi yang dimasak dalam periuk dan Kose adalah daging yang dimasak dalam bambu. Parade Esu Kose mempunyai makna budaya kepada masyarakat Nagekeo khususnya masyarakat Ndora agar kembali melestarikan budaya yang nyaris punah  sebagai sebuah kearifan lokal di Kabupaten Nagekeo.

Koresponden BIN (NTT)

Lusia Yasinta Meme

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here