Milad ke 13 UPK playen siapkan Permodalan masyarakat

Beritainternusa.com,Gunungkidul-Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Satu Hati Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar perayaan milad ke-13, Sabtu, (21/09/2019). UPK Satu Hati lahir dan melayani masyarakat, pasca peristiwa besar, bencana gempa Yogyakarta 2006 silam. Dengan total aset mencapai 10,5 miliar, UPK Satu Hati Kecamatan Playen semakin eksis dan di hati masyarakat.

Perayaan milad ke-13 dipusatkan di kantor UPK, Jalan Playen-Gading KM 0 Desa Ngawu, Kecamatan Playen, serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Kabupaten Gunungkidul Sujoko, S.Sos, M.Si, jajaran Forkompincam Playen serta mitra perbankan dan keluarga besar UPK.

Rangkaian perayaan milad UPK ke-13, sebelumnya telah diawali pembinaan kelompok yang dikemas dalam bentuk ghatering kelompok, beserta dengan stakeholder berlokasi di Jawa Tengan (Jateng), dengan memberangkatkan 600 personil kelompok Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP) UPK.

Ketua panitia milad UPK, Widodo, S. TP menyampaikan, perayaan milad kali ini mengambil tema “Bersama UPK PPM Satu Hati kita membangun, memberdayakan, dan mengembangkan ekonomi keluarga dalam kerangka usaha kecil yang produktif dan berdaya saing menuju kemandirian”.

“Sejak dilahirkan pada tahun 2006 pasca gempa bumi yang melanda Yogyakarta, UPK PPM Satu Hati telah tumbuh dan semakin berkembang. Kelompok SPP yang dilayani saat ini sebanyak 295.” ungkap Widodo.

Sementara itu ketua Pengelola Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Satu Hati, Pratiwi menyampaikan, UPK hadir siap menjawab kebutuhan permodalan masyarakat yang mudah, murah, tanpa agunan serta memerangi pinjaman-pinjaman memberatkan masyarakat, seperti plecitan dan rentenir.

“Aset yang dikelola UPK saat ini sudah mencapai 10,5 miliar dengan tingkat kemacetan 0,2%. Selain itu pada tahun ini UPK juga mengalokasikan dana sosial sebesar 260.100.000,” jelas Pratiwi.

Ditempat yang sama, Camat Playen, Muh. Setyawan, SH, mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan-kegiatan UPK PPM Satu Hati yang terus berpihak secara langsung serta memajukan perekonomian masyarakat kecil di Kecamatan Playen khususnya dan di Kabupaten Gunungkidul pada umumnya.

“Selaku pemerintah kecamatan kami mengucapkan selamat atas milad UPK ke-13. Semoga kedepan semakin sukses, maju, berkembang dan membawa dampak kemakmuran bagi masyarakat,” ungkap Setyawan.

Senada dengan Camat Playen, Kepala Dinas DP3AKBPMD, Sujoko menyampaikan kegiatan di UPK PPM Satu Hati dinilai paling inovatif, kreatif, variatif, dan tepat sasaran.

Sudjoko menambahkan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan UPK yang dapat membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan masyarakat miskin lewat program-program kemiskinan yang dimikili UPK.

“Tentunya pemerintah kabupaten akan terus mendukung program kerja UPK. Kami juga mengucapkan selamat dan sekses untuk UPK PPM Satu Hati,” terang Sujoko.

Kegiatan milad UPK ke-13 juga dimeriahkan dengan pameran 60 bazar kelompok SPP, yang menjual produk olahan makan dan kerajinan. Selain itu ada juga hiburan seni dan banjir ratusan doorprize bagi pengunjung.

“Pengunjung yang hadir saat penutupan milad di lingkungan kantor UPK lebih dari 500 orang. Dari hasil penjualan produk pada acara penutupan milad, omzet yang berputar lebih dari 15.000.000,” pungkas Manajer UPK satu Hati Playen, Agus Dany, SH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here