Beritainternusa.com, Kotabaru (Kalsel)– Dengan rasa syukur serta merasa berbahagia, puluhan warga masyarakat Desa Tanjung Sari Kecamatan Kelumpang Barat ketika menerima berbagai macam jenis bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru yang diserahkan langsung oleh Bapak Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alaydrus, SH, Kamis 19 September 2019.

Dari pantauan Awak Media, Kedatangan rombongan Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alaydrus, SH di  dampingi Ketua TP PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar dan sejumlah Pejabat SKPD Kotabaru disambut antusias oleh ratusan warga, sejumlah Kepala Desa, Camat, Kapolsek Kelumpang Barat, dan tamu undangan lainnya pada saat itu berhadir.

Adapun bantuan yang diserahkan langsung oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alaydrus, SH diantaranya, bantuan hibah lampu tenaga surya hemat energi untuk masyarakat Rampa Manunggul Kecamatan Sampanahan, bantuan alat pertanian kepada empat kelompok tani di Kecamatan Kelumpang Barat, bantuan 5 kartu asuransi nelayan, bantuan dana BPDP-KS kepada kelompok tani murni yang bekerjasama dengan Bank Kalsel Kotabaru, bantuan pembangunan jalan produksi usaha perkebunan tahun 2019 untuk kelompok Nitang Sari Kecamatan Sampanahan, bantuan pupuk sebanyak 100.000 Kg, herbisida 800 liter, fungisida 400 liter serta unit pengolahan dan pemasaran bokar kelompok tani Maju Makmur Desa Sukamaju Kecamatan Sampanahan.

Selain penyerahan bantuan dan temu wicara, pada kesempatan ini juga dilaksanakan pencanangan program peremajaan sawit dari Dirjenbun tahun 2019.

Dalam laporannya, kepala Dinas perkebunan Ir. H. Hardani mengatakan, “Program peremajaan tanaman sawit rakyat yang telah dicanangkan dan dimulai oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 13 Oktober 2017 lalu di Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Bertujuan untuk semata-mata bagaimana perkebunan sawit rakyat ini tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkebunan yang dilaksanakan oleh pihak swasta dengan tujuan utamanya adalah meremajakan sawit rakyat atau yang dikenal dengan istilah replanting. Kegiatan pencanangan yang dilakukan Bupati hari ini adalah satu-satunya di Kalimantan Selatan dengan total dana bantuan sebesar Rp 3,6 Miliyar,” paparnya.

Kepala Desa Tanjung Sari Ahmad Subaidi mengatakan, “saya ucapkan ribuan terimakasih banyak utamanya kepada bapak dan ibu Bupati Kotabaru yang telah mengawal kami untuk sukses memberikan bantuan peremajaan perkebunan sawit, sesuai misinya bosan miskin, artinya masyarakat diajak menjadi kaya raya sehingga masyarakat diupayakan mendapatkan bantuan dari BPDP-KS,” katanya.

Bagi masyarakat memiliki luas lahan peremajaan kebun sawit sebesar Rp. 25 Juta per hektar kepada kelompok tani murni berjumlah 150 orang. Sedangkan cara pengambilan dana melalui ketua kelompok ke Bank Kalsel bukan perorangan sesuai kebutuhan perkerjaan,” tambahnya Subaidi.(MUD/BIN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here