Beritainternusa.com, JAKARTA —    Berbagai fasilitas layanan warga disediakan gratis oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat, saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, Minggu (25/08/2019).

Demikian juga dengan  layanan perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang digelar Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Selatan di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Sudirman-Thamrin disambut antusias warga.

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, M Zen mengatakan, beberapa layanan yang diberikan kepada warga di antaranya, pemeriksaan kesehatan gratis, perpustakaan keliling, serta layanan perizinan PTSP.

“Kami juga menggandeng beberapa instansi untuk menggelar sosialisasi di HBKB ini. Di antaranya kantor pajak dan Bank DKI,” ujar M Zen.

Salah  seorang warga Jakarta Barat  Ari (45) yang mengaku rutin mengikuti HBKB yang digelar setiap dua pekan sekali dan merespons positif kegiatan tersebut. Menurutnya, HBKB selain untuk berolahraga juga dapat jadi momen bersantai bersama keluarga.

Sementara itu, Maman (41) warga Slipi, Jakarta Barat mengapresiasi layanan perpanjangan PKB di area HBKB. Layanan ini dinilai sangat memudahkan warga, khususnya yang tidak memiliki waktu di hari kerja.

“Saya biasa ngurus di drive thru, tapi kan harus jam kerja. Lebih baik di sini sekalian olahraga. Apalagi selesainya cepat, tidak sampai lima menit,” ungkapnya kepada Beritainternusa.com saat ditemui di lokasi, Minggu (25/08/2019).

Hal yang sama juga dikatakan Hendar (43), warga Menteng, Jakarta Pusat. Menurutnya, dalam layanan ini, proses perpanjangan pajak kendaraan tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu masyarakat cukup membawa STNK dan KTP sesuai dengan nama pemilik kendaraan.

Pelaksana Harian (Plh) Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (UP PKB dan BBNKB) Jakarta Selatan, Budianto mengutarakan, pelayanan ini rutin digelar setiap Minggu dan bergantian.

“Ini rutin digelar disetiap hari Minggu mulai pukul 05.30 hingga 11.00. Warga cukup bawa STNK dan KTP,” tandasnya. (Red-BIN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here