Kadis Koperasi dan Perindustrian, Drs. H. Zainal Arifin

Beritainternusa.com, Kotabaru(KALSEL) – Azas keterbukaan laporan administrasi keuangan Koperasi Jasa Keuangan Kopdit Lestari Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, belakangan ini ramai dipertanyakan oleh anggotanya.

Pasalnya, koperasi yang  beranggotakan lebih kurang 400 anggota itu  sejak tahun 2014 – 2019 belum  pernah melaksanakaan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Hal itu dikemukakan oleh  anggota koperasi Kopdit Lestari yang enggan menyebutkan namanya kepada awak media Beritainternusa.com pada Senin (19/8/2019).

Sementara, pengurus Koperasi Kopdit Lestari  melalui manager koperasi Hary Setiawan, S.Sos yang dikonfirmasi melalui telpon seluler, Selasa (20/8) mengatakan bahwa selama ini tidak ada penyimpangan dana anggota koperasi, “simpan pinjam sudah sesuai prosudur.” Kata Setiawan singkat.

Sebelumnya Keputusan Rapat Khusus Anggota Puskopdit Sejahtera Bersama Nomor : 02/KEP.RA/PUSKOPDIT.SB/2019 tertanggal 31 Maret 2019 mengeluarkan Kopdit Lestari dari keanggotaan Puskopdit Sejahtera Bersama yang ditanda tangani Pimpinan Rapat Junaidi dan Sekretaris Rapat Drs. Herwing Uguy, MA.MTh.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindusterian Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Zainal Aririn ketika dikonfirmasi  pada hari yang sama Selasa (20/8) di ruangn kerjanya, mengatakan sangat menyesalkan langkah yang diambil oleh Puskopdit Sejahtera Bersama Banjarbaru yang terburu-buru mengambil langkah mengeluarkan Kopdit Lestari dari keanggotan Puskopdit Sejahtera Bersama yang seharusnya adanya pertanggung jawaaban Pengurus Kopdit Lestari Hampang terlebih dahulu. “Hal ini langkah yang sangat keliru,” ucap Zainal Arifin.

Zainal Arifin juga mengatakan bahwa selaku pembina setiap koperasi dikabupaten kotabaru pada tahun 2015 pernah meng-audit Kopdit Lestari Hampang. Hasil audit tersebut adanya temuan dana sebesar Rp. 2,5 milyar yang diduga digelapkan oleh Pengurus Kopdit Lestari Hampang. (Bhd-BIN)*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here