rakiraan angin BMKG 11 Juli 2019 pukul 07.00 WIB. Cuaca Indonesia diprediksi cerah.(BMKG).

Beritainternusa.com, Aceh – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda mengeluarkan peringatan dini tentang potensi terjadinya angin puting beliung di sejumlah daerah di Aceh.

 Daerah yang berpotensi dilanda angin puting beliung yaitu, Kabupaten Aceh Utara, Bener Meriah, Pidie, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Bireun dan Kota Lhokseumawe.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria menyebutkan, potensi puting beliung diprediksi sampai tiga hari ke depan.

“Hasil analisa dan kami lihat juga dari arah belokan arah anginnya, maka sampai tiga hari ke depan masih berpotensi terjadinya angin puting beliung yang disebabkan karena banyak terjadi pertumbuhan awan cumulonimbus,” ujar Zakaria saat dihubungi, Kamis (11/7/2019). Baca juga: Diterjang Puting Beliung, Satu Sekolah dan Lima Rumah Warga di Sumbar Rusak

 Zakaria mengatakan, kondisi itu termasuk dalam kategori cuaca buruk. Selain bisa merusak bangunan masyarakat, angin kencang tersebut juga telah menyebabkan terjadinya gangguan penerbangan. “Kita imbau kondisi ini direspon masyarakat dengan sikap waspada.

Jika terjadi angin kencang segera berlindung ke lokasi yang aman,” kata Zakaria.

Editor : Aisha Humaira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here