Jodang Wiwitan

Beritainternusa.com, Yogyakarta – Warga Dusun Donotirto, Bantul melaksanakan tradisi wiwitan, selasa 25/6/2019. Tradisi yang sudah turun temurun ini hanya digelar saat panen raya.

Tradisi wiwitan merupakan upacara adat sebagai bentuk syukur kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan hasil pertanian di Dusun Donotirto.

Prosesi upacara diawali dengan arak-arakan jodang ubo rampe yang dikawal oleh Bregodo Wirotamtomo. Bregodo ini adalah barisan prajurit warga Dusun Donotirto yang dibentuk pada tahun 2007. Arak-arakan jodang ubo rampe dipimpin oleh kadus Donotirto Waljiman dan diikuti tokoh masyarakat, petani dan kesenian jathilan.

Prosesi selanjutnya yaitu penyerahan ubo rampe upacara kepada Kades Bangunjiwo Suparja dan dari kades ubo rampe diberikan kepada kaum rois untuk dilakukan upacara doa dihamparan sawah yang akan dipanen.

Sementara itu salah satu petani Donotirto, Sardi (60) mengungkapkan bahwa panen saat ini merupakan panen kedua ditahun 2019. “Panen kali ini merupakan panen yang kedua dan kami bersyukur masih bisa panen ditengah kondisi iklim yang kurang menentu,” ungkapnya kepada beritainternusa.com.

“Kendala yang dihadapi petani yaitu kondisi pengairan yang kadang tidak menentu karena faktor iklim dan juga irigasi yang belum semua lancer airnya,” imbuh Sardi yang juga merupakan tokoh masyarakat Donotirto.

Editor : Aisha Humaira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here