Kebakaran lahan di Bengkalis. ©2016

Beritainternusa.com,Jakarta – Luas lahan terbakar di Riau terus bertambah. Sejak Januari 2019, 1.823,91 hektare hangus terbakar.

Luasan area terbakar karena api kembali muncul di di Jalan Bangsawan Sungai Batang, Desa Ketam Putih, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Lahan terbakar mencapai 57 hektare.

“Saat ini tim gabungan TNI  Polri, BPBD, Manggala Agni sedang berupaya melakukan pemadaman kebakaran lahan seluas 57 ha di Bengkalis, api belum padam,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger, kepada merdeka.com, Kamis (14/3).

Sementara itu, untuk rekapitulasi luas lahan terbakar sejak awal Januari di Riau paling luas di Bengkalis yaitu 1015,5 hektare. Kemudian Rokan Hilir 254,5 ha, Meranti 216 ha, Dumai 133 ha, Siak 70,75 ha, Indragiri Hilir 48 ha, Pelalawan 43 ha, Pekanbaru 21,76 ha, Kampar 19,5 ha, Inhu 1,5 ha.

“Saat ini daerah yang masih terjadi kebakaran lahan itu di Bengkalis, kalau daerah lain apinya sudah padam sejak lama. Di Kepulauan Meranti juga sempat terbakar beberapa hari lalu, namun sudah padam,” jelas Edwar.

Meski api sudah padam, kata Edwar, tim gabungan masih siaga di lokasi untuk melakukan pendinginan di lahan bekas terbakar agar api tidak hidup kembali.

“Karena yang terbakar lahan gambut, jadi harus kita pastikan api betul-betul padam di kedalaman beberapa meter, kita jaga juga agar tidak ada terjadi kebakaran lagi di lokasi,” ucap Edwar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here