Ormas Islam Demo Konjen China 2018

Beritainternusa.com,MedanRibuan umat Islam di Medan berunjuk rasa di depan Konsulat Jenderal (Konjen) China di Jalan Walikota Medan, Jumat (21/12). Aksi ini dilakukan untuk mengecam penindasan yang dilakukan pemerintah China terhadap kaum minoritas muslim Uighur  .

Massa yang merupakan gabungan dari berbagai ormas ini memulai aksinya dengan melakukan longmarch dari Masjid Raya Al Mashun Medan menuju Konjen China. Mereka membawa bendera bertuliskan kalimat tauhid serta spanduk dan poster yang berisi kecaman terhadap tindakan Pemerintah China terhadap bangsa Uighur di Provinsi Xinjiang.

Di depan Konjen China, massa mengarak karton bergambar Presiden China, Xi Jinping dan poster bendera China. Poster bergambar bendera itu bahkan sempat diinjak-injak. Sejumlah orator bergantian menyampaikan pidato berisi penentangan terhadap tindakan Pemerintah China.

Ormas Islam Demo Konjen China.

“Jangankan kepada saudara kita umat muslim di sana, jika tindakan Pemerintah China itu dilakukan kepada umat lain pun kita tidak terima,” teriak salah seorang orator.

Sementara Ustaz Heriansyah, salah seorang orator, juga mengecam tindakan Pemerintah China yang menindas bangsa Uighur. Dia juga mendesak agar Presiden Joko Widodo mengusir duta besar China.

“Tuntutan kita jelas. Ada atau enggak ada dia (Konsul Jenderal China) di dalam, kita menyatakan marah kita kepada China,” ungkapnya.

Aksi unjuk rasa berlangsung aman dan lancar. Demo mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Petugas bahkan berjaga di Konjen China dan di rumah dinas Konsul Jenderal China di Jalan Cut Nyak Dien, Medan, sejak siang hari. Kendaraan taktis dan pagar berduri pun sudah ditempatkan di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here