Suasana rapat koordinasi geopark seluruh Indonesia yang digelar di dalam Gua Rancang Kencana, Bleberan, Playen, Gunungkidul, Jumat (16/11/2018).

Beritainternusa.com,Gunungkidul  – Ada yang unik dari rapat koordinasi geopark seluruh Indonesia yang digelar di Gunungkidul, Jumat (16/11/2018).

Jika biasanya rapat digelar di gedung dengan pendingin ruangan yang sejuk, rapat yang dihadiri oleh Deputi Iptek SDM dan Budaya Maritim, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) Safri Burhanuddin ini digelar di dalam gua.

Ya, Gua Rancang Kencana yang berada di di Dusun Mengguran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul ini menjadi lokasi rapat yang melibatkan puluhan orang tersebut.

Fasilitas yang ada di dalam gua pun tidak kalah dengan ruang rapat di perkantoran atau gedung.

Di dalam ruangan gua yang masih alami tersebut ada fasilitas proyektor lengkap dengan layar, kursi dan meja.

Tak usah khawatir soal udara, di dalam Gua Rancang Kencana ini udaranya cukup sejuk dan tidak perlu memasang kipas angin atau pendingin ruangan.

Rapat koordinasi geopark seluruh Indonsia sendiri membahas tentang potensi geopark terhadap perekonomian masyarakat sekitarnya.

Deputi Iptek SDM dan Budaya Maritim, kementrian koordinator bidang kemaritiman (Kemenko Maritim) Safri Burhanuddin, bahkan mengatakan keberadaan Geopark  Gunung Sewu yang membentang dari Gunungkidul hingga Pacitan bisa mengurangi angka kemiskinan.

“Target kita dalam dua atau tiga tahun kedepan dapat menurunkan angka kemiskinan setidaknya di bawah dua digit,” katanya.

Safri mengatakan pengelolaan geopark harus melibatkan masyarakat lokal, serta dibuat sinergitas antar kelompok wisata yang ada di sekitar kawasan Geopark.

“Output hasil rapat koordinasi ini agar dapat bekerja secara bersinergi dan harmonis, karena di setiap geopark memiliki keunikan sendiri-sendiri, untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara mengelola Geopark dengan mengajak masyarakat lokal dan dapat tumbuh bersama,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here