Beritainternusa.com – Palangka Raya, Kegiatan Perkemahan Blok Tahun Pelajaran 2018/2019 SMAN 5 Palangka Raya berakhir. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Jumat – Sabtu, 20 – 21Juli 2018 berlangsung di halaman sekolah.

Kemah blok ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan yang dilaksanakan setahun sekali dan harus diikuti oleh seluruh siswa baru.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya sekaligus Ketua Mabigus, Drs. H. Arbusin, yang bertindak sebagai pembina upacara  dalam membuka  kegiatan ini. Ia mengajak agar para siswa sebagai anggota Pramuka mampu mengamalkan nilai-nilai kepramukaan dalam aktivitas sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat.

Suasana Anak-anak SMAN 5 Palangkarya terlihat sangat gembira
Suasana Anak-anak SMAN 5 Palangkarya terlihat sangat gembira

Tujuan Pendidikan Pramuka adalah membentuk manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, serta tinggi mental, moral, budi pekerti, dan kuat keyakinan beragama.

Pramuka harus menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya, kuat, dan sehat fisiknya serta berjiwa Pancasila. Oleh karena itu, Dasa darma dan tri satya harus diamalkan oleh setiap anggota Pramuka di mana saja berada.

Pendidikan Pramuka harus menguatkan karakter,” pesannya kepada ratusan peserta yang disaksikan puluhan pembina.

Meski lelah karena baru mengikuti kegiatan MPLS,  semangat para siswa baru dan pembina mengikuti kegiatan tetap berbinar dari awal hingga akhir.

Murid-murid SMAN 5 Palangkaraya
Murid-murid SMAN 5 Palangkaraya

Selain kegiatan di lapangan alam  terbuka,   kegiatan pemaparan materi juga  digelar di aula, seperti Implementasi Pendidikan Kepramukaan dalam Kurikulum 2013 (Dra. Yumiasi Tara, M.Si.), Muatan Pendidikan Kepramukaan (Christina Nopriani,  M. Pd.), Sejarah dan Teknik Kepramukaan (Yuseftu Leluno,  M. Pd.)  dan Kearifan Lokal Budaya Kalteng (Dr. Elmalia Tara, M.Pd.)

sma1

Akhirnya kegiatan penutupan, Wakasek Kesiswaan,  Jonkenedy,  M. Pd.  berkenan sebagai pembina upacara dalam penutupan Perkemahan Blok Pendidikan Kepramukaan.

“Mari kita terapkan dalam aktivitas sehari-hari semua hal-hal baik yang telah kita dapatkan melalui kegiatan perkemahan blok. Semoga jiwa pramuka sejati dapat diwujudkan oleh seluruh siswa. Salam Pramuka!” katanya disambut gelora para peserta. (L.J.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here