Beritainternusa.com– Girikarto Panggang Gunungkidul sebuah Desa yang terletak di pinggiran pantai selatan, 40 km dari kota Yogyakarta  menghadirkan Wisata yang begitu luar biasa.

Distinasi wisata alam dan pantai membuat pengunjung dimanjakan untuk berselfi dan menikmati pemandangan alam dan laut pantai selatan .

Girikarto yang selama ini tidak dikenal dan diperhitungkan dari luar daerah, kini menjadi idola dan tujuan wisata bagi masyarakat dari luar Yogyakarta bahkan ada dari manca negara.

Pantai Kesirat  foto karsono
Pantai Kesirat foto karsono

Hal itu karena hadirnya wisata-wisata alam dan pantai yang ada, pantai Gesing ,Wisata Alam Buron, Teras Kaca Ngluluran ,Pantai Kesirat dan Wisata Alam Grigak.

Masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Girikarto, misalkan ada Gua /Luweng Pengason, Gua Jothak

Wisata yang masih ada kaitanya dengan wali songo, antara luweng pengason dan Masjid Sunan Kali Jogo Doplang sangat erat dengan wisata bersejarah .

Kesirat diambil dari maesan Grigak
Kesirat diambil dari maesan Grigak

Jika pemerintah Desa mampu membangun /menghidupkan sejarah Walisongo yang ada di Girikarto akan sangat mengangkat nama Girikarto menjadi desa wisata dan sejarah , sehingga dipastikan akan menarik para wisatawan dari luar daerah.

Pantai Gesing Buron
Pantai Gesing Buron

Hal ini bisa terjadi jika semua masyrakat ,tokoh dan pemerintah desa bersinergi mambangun bersama .

Pantai Buron Punthuk Gede
Pantai Buron Punthuk Gede

Seperti yang pernah dikatakan  H.Turidi, Girikarto  mempunyai daya tarik tersendiri dari pada desa-desa lain, satu-satunya desa yang mempunyai wisata pantai dan alam, bahkan jika dikembangkan masih banyak yang bisa dikelola menjadi tempat-tempat wisata.

Pantai Buron Punthuk Gede
Pantai Buron Punthuk Gede

Yang terpenting adalah, membangun bersama ,kerukunan antar warga masyarakat dan pemerintah desa harus punya peran yang siqnifikan agar tercapai , saya yakin Girikarto kedepan akan menjadi desa yang lebih maju bahkan meninggalkan desa-desa lain diwilayah panggang gunungkidul , Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here