Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul – Dampak cuaca buruk yang terjadi di wilayah pantai selatan Gunungkidul berakibat rusaknya belasan bangunan baik gazebo maupun warung-warung yang terhantam ombak besar sejak dini hari tadi. Sejumlah sarana prasarana mengalami kerusakan hingga berakibat pada kerugian yang diperkirakan mencapai ratusan juta.

Koordinator SAR Wilayah I, Sunu Handoko Bayu Segara mengatakan, sejak beberapa hari lalu pihaknya mendapat informasi terkait cuaca buruk yang terjadi, sehingga mengakibatkan gelombang di pantai selatan Gunungkidul mengalami peningkatan yang signifikan. Alhasil sejak Rabu (18/07) petang, sejumlah anggota SAR disiagakan di beberapa pantai.

Mendekati tengah malam, gelombang tinggi sudah mulai dirasakan, bahkan ombak hingga menjalar ke bibir pantai menghantam sejumlah gazebo dan warung. Sampai pada dini hari tadi, ombak besar masih terjadi di pantai selatan. Anggota SAR, nelayan dibantu warga saat ini tengah melakukan kerja bakti untuk membersihkan puing-puing kerusakan.

Adapun rincian kerusakan sarana prasarana di beberapa pantai diantaranya 3 warung dan 2 gazebo di Pantai Jungwok. Kerugian mencapai Rp 15 juta karena sebagian material hanyut terbawa ombak. Tidak hanya itu, di Pantai Siung sebanyak 9 gazebo dan 5 kamar mandi rusak hingga diperkirakan mengalai kerugian Rp 100 juta.

Beberapa bangunan di beberapa pantai lain juga mengalami kerusakan serius seperti, tembik jebol, kapal rusak, jaring hanyut, gazebo patah dan beberapa kerusakan lainnya.

Sejak semalam, gelombang air laut hampir mendekati 28 feet atau 8 meter, hampir sesuai dengan prediksi yang dirilis oleh BMKG. Aktifitas melaut para nelayan pun sementara ini terpaksa dihentikan lantaran kondisi yang cukup berbahaya.

Sementara itu, Ketua Pokdariwis Pantai Baron, Supomo mengatakan, hingga saat ini gelombang air laut masih cukup tinggi. Ombak yang datang sampai ke tanggul-tanggul yang ada bahkan melampaui bibir pantai. Untuk sementara ini, tindakan yang dilakukan hanya pemindahan kapal-kapal milik nelayan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here