Jogja.beritainternusa.com, Yogyakarta – Dua api abadi yang akan digunakan sebagai Obor Asian Games 2018 akan disatukan Rabu (18/7/2018) petang ini. Proses penyatuan dua api abadi yang berasal dari New Delhi India dan Mrapen, Jawa Tengah akan dilakukan di Candi Prambanan.

Menurut Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Eris Heryanto api yang pertama telah diambil dari India pada Sabtu (15/7/2018).

Api itupun dibawa ke Yogyakarta menggunakan B737-500 milik TNI-AU pada Senin (16/7/2018).

Pada Selasa (17/07/2018) pagi, pesawat pembawa Obor Asian Games 2018 tiba di Pangkalan TNI AU Adisutjipto Yogyakarta.

Legenda Bulu Tangkis Indonesia, Susi Susanti, bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat pawai obor Asian Games 2018 di Lanud Adisutjipto Yogyakarta Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Hari Ini, Dua Api Abadi Akan Disatukan dalam Obor Asian Games 2018 di Candi Prambanan, http://jogja.tribunnews.com/2018/07/18/sore-ini-dua-api-abadi-akan-disatukan-dalam-obor-asian-games-2018-di-candi-prambanan. Penulis: Hanin Fitria Editor: ton
Legenda Bulu Tangkis Indonesia, Susi Susanti, bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat pawai obor Asian Games 2018 di Lanud Adisutjipto Yogyakarta

Setelah dilakukan serangkaian acara penyambutan, api abadi tersebut diinapkan satu hari di Museum Dirgantara. Dan hari ini, Rabu (18/7/2018), pawai obor Asian Games 2018 kembali dilaksanakan dengan membawa obor ke Candi Bokoharjo.

Dari Candi Bokoharjo, pawai obor akan melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan. Dan di Candi Prambanan inilah, Api Asian Games akan disatukan dengan Api Abadi Mrapen. Api abadi Mrapen adalah sebuah kompleks yang terletak di desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Kawasan ini terletak di tepi jalan raya Purwodadi – Semarang, berjarak 26 km dari Kota Purwodadi. Kompleks api abadi Mrapen merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam walaupun turun hujan sekalipun.

Banyak peristiwa besar mengambil api dari kompleks api abadi Mrapen sebagai sumber obornya, misalnya pesta olahraga internasional Ganefo I tanggal 1 November 1963.

Umat Buddha melakuan ritual pengambilan Api Dharma Waisak di obyek wisata Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (9/5/2017). (KOMPAS.com/Puthut Dwi Putranto)

Api abadi dari Mrapen juga digunakan untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional (PON) mulai PON X tahun 1981, POR PWI tahun 1983 dan HAORNAS. Api abadi dari Mrapen juga digunakan untuk obor upacara hari raya Waisak.

Selain api abadi, di komplek tersebut juga terdapat kolam dengan air mendidih yang konon dapat dipergunakan untuk mengobati penyakit kulit. Di komplek tersebut juga terdapat sebuah cerita mengenai batu bobot yang konon apabila seseorang dapat mengangkatnya maka yang mengangkat tersebut akan mendapatkan keinginannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here