Gedung KPU

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Partai politik diwajibkan mengisi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk para caleg 2019. KPU meminta para caleg parpol untuk menyelesaikan pengisian silon sebelum mendaftar.

“Kita berharap partai agar menuntaskan silonnya terlebih dahulu,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra, di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

Ilham mengatakan pengisian silon itu utuk memudahkan pendaftaran. Selain memudahkan pendaftaran, silon juga akan memudahkan proses verifikasi.

“Silon ini kan penting agar kita verifikasi mudah. Sebenernya silon ini untuk memudahkan saja,” kata Ilham.

Ilham menyebut saat ini hampir semua parpol telah melakukan pengisian silon. Dia berharap seluruh caleg telah menyelesaikan silonnya saat pendaftaran.

“Sudah hampir semua partai saya kira sudah memasukkan data. Kita sudah memberi kesempatan kepada para caleg dan parpol untuk memasukan datanya ke silon,” kata Ilham.

Ilham menerangkan hingga saat ini belum ada partai politik yang mendaftarkan calegnya ke KPU. Dia menyebut sebelumnya ada partai yang mengkonfirmasi melakukan pendaftaran, namun pendaftaran itu urung dilakukan.

“Ya sampai saat ini hari ke-10 belum ada (daftar) seharusnya kemarin ada PKB yang datang, tapi PKB kemudian membatalkan. Mungkin karena ada beberapa hal yang harus disiapkan lagi agar kemudian lebih matang dan dalam proses penyusunannya,” tuturnya.

Sebagai informasi pendaftaran caleg ini telah dibuka sejak 4 Juli 2018. Nantinya pendaftaran akan berakhir pada 17 Juli 2018.

Pendaftaran calon anggota legislatif Pemilu 2019 dijadwalkan berakhir awal pekan depan. KPU mengatakan sejauh ini tidak ada rencana memperpanjang masa pendaftaran caleg.

“Sampai saat ini kita tidak berpikir untuk memperpanjang masa pendaftaran ini,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/218).

Menurutnya, jika dilakukan perpanjangan akan berimplikasi pada hari pemungutan suara Pemilu 2019. Ilham mengatakan batas akhir pendaftaran akan tetap pada tanggal 17 Juli 2018.

“Karena kalau kita perpanjang ini berimplikasi kepada hari H pada pemilu mendatang. Karena kita sudah menghitung ya sudah mempertimbangkan beberapa banyak hal untuk tetap pendaftaran pada 4 sampai 17 Juli ini,” kata Ilham.

Ilham mengatakan KPU telah melakukan sosialisasi aktif terkait pendaftaran calon caleg. Informasi persyaratan dan pengisian sipol (sistem informasi partai politik) juga sudah dilakukan jauh hari.

“Sosialisasi yang kami lakukan sudah cukup masif ya cukup lama bahkan dari 4 Juni lalu kita sudah memberikan kesempatan kepada para caleg dan parpol untuk memasukkan data ke silon (sistem informasi pencalonan),” ujar Ilham.

“Jadi informasi-informasi tentang beberapa hal persyaratan calon juga sudah kita sampaikan,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here