Jaksa menyerahkan uang Rp 2,6 miliar kasus korupsi sepakbola kepada Bupati Jember.

 

Beritainternusa.com, Jember – Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember mengeksekusi kasus korupsi dana Asosiasi Sepakbola Kabupaten (Askab/PSSI) Jember. Uang segunung itu dikembalikan ke APBD Jember lewat Bupati Jember Faiza.

“Penyidikan tidak sampai 1 tahun. Dimulai 2017,” kata Kepala Kejari Jember Ponco Hartanto saat dihubungi, Jumat (29/6/2018).

Kasus itu bergulir pada tahun anggaran 2014-2015. Berdasarkan hasil audit BPKP Jawa Timur, terjadi kerugian negara sebesar Rp 2,6 miliar. Jaksa lalu menyidik kasus tersebut dan mendudukkan Ketua Askab Jember, Diponegoro.

“Terdakwa dihukum 1 tahun penjara dan menerima,” kata Ponco.

Karena terdakwa menerima, jaksa buru-buru mengeksekusinya. Uang dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu itu diserahkan kembali ke Pemkab Jember. Penyerahan itu dilakukan di Pendapa Wahyawibawagraha, Jember. Penyerahan itu juga disaksikan oleh para Muspida, yang dipimpin langsung oleh Bupati Faiza.

Ponco berharap uang itu dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan. Penyerahan uang pengganti itu juga diharapkan menjadi cambuk dan pelajaran.

“Bagi kita sendiri, jangan sekali-kali kita melakukan penyimpangan,” kata Ponco berpesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here