Screenshots Facebook

 

Beritainternusa.com, Cianjur – KPU Cianjur membenarkan video yang viral di media sosial terkait pria yang diduga anggota KPPS mengarahkan pemilih untuk mencoblos Ridwan Kamil adalah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Hal ini diungkap Ketua KPU Cianjur Anggy Sophia Wardani. Melalui pesan singkat Anggy memastikan lokasi pengambilan video itu memang berada di wilayah Kabupaten Cianjur.

“Itu di TPS 14, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi. Hasil pengecekan ke ketua PPK pria yang ada dalam video benar anggota KPPS,” kata Anggy, Kamis (28/6/2018).

Hasil konfirmasi KPU kepada PPK diketahui video itu direkam oleh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Setelah diambil video itu lalu disebarkan di grup PTPS Kecamatan Sukaresmi, hingga akhirnya menyebar di media sosial.

“Penjelasan ketua PPK, apa yang dilakukan itu merupakan penjelasan tatacara pemilihan kepada pemilih hanya di akhir penjelasan menunjuk ke nomor tertentu. Video itu di rekam oleh PTPS dan di sebarkan di group PTPS Kecamatan dan akhirnya nyebar sampai viral di medsos dimanfaatkan oleh Paslon nomor 3 yang banyak memposting ulang video itu,” jelas Anggy.

Karena dianggap salah, KPU sempat menghentikan cara menjelaskan anggota KPPS tersebut. “Kita yang menghentikan cara menjelaskan seperti itu,” imbuhnya.

“Pembuktiannya, saksi TPS semua dihadirkan, termasuk pemilih yang ada perwakilan 10 orang untuk pembuktian apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Untuk langkah selanjutnya kita menunggu pemeriksaan Gakumdu rekomendasinya akan seperti apa,” tandas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here