Wakil Presiden Jusuf Kalla

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yakin pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 berjalan aman dan damai. JK juga yakin aparat TNI-Polri akan netral.

“Kemudian netralitas saya yakin aparat, aman. Ada Bawaslu, ada media, semua bisa melaporkan,” kata JK di Istana Wapres, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2018).

JK mengimbau agar masyarakat melaporkan apabila ada cukup bukti ketidaknetralan oknum TNI-Polri. Pilkada kali ini menurut JK harus menjadi tolak ukur netralitas tersebut.

“Dan kemudian kalau ada pun itu terbukti ambil tindakan. Kapolda Maluku kan laporan langsung diambil tindakan. Ya memang kalau Pilkada ini bisa jadi ukuran walaupun sulit,” tutur JK.

“Tidak ada koalisi yang netral dan baku. Tapi setidak-tidaknya ada antusiasme dari masyarakat bagaimana,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Wakapolri Komjen Syafruddin juga menyampaikan keyakinannya akan netralitas aparat.

“Oh pasti netral. Saya kan selalu bilang netral, jadi yang disampaikan berbagai pihak itu autokritik nggak apa-apa. Itu harus diterima penyelenggara, aparat,” ujar Komjen Syafruddin.

“Memang aparat keamanan atau Polri rentan disoroti karena Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kita jangan skeptis, harus diterima sebagai autokritik dan harus diperbaiki. Dan makanya pimpinan Polri mana ada langsung tindak. Termasuk wakapolda kan sudah,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here