Beritainternusa.com,Gunungkidul – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mewaspadai terjadinya cuaca buruk seperti angin kencang dan gelombang tinggi di pantai Selatan.

Kepala BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan telah mendapatkan informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) terkait kondisi atmosfer yang menunjukkan adanya belokan angin serta intrusi udara basah yang memasuki Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Tingkat kelembapan di bagian atas atmosfer mencapai 80-90 persen sehingga membuat awan-awan hujan,” terangnya, Kamis (21/6/2018).

Selanjutnya menurut Edy potensi hujan dalam beberapa hari kedepan patut untuk diwaspadai di wilayah barat dan utara, antisipasi untuk mengurangi korban akibat angin kencang yang dapat membahayakan adalah dengan memangkas ranting pohon.

“Banyak kejadian akibat angin kencang rumah mengalami kerusakan akibat tertimoa ranting pohon, antisipasinya dengan pemotongan ranting,” tuturnya.

Sementara itu Sekretaris SAR Wilayah II Surisdiyanto mengatakan, menurut pantauannya gelombang sudah mengalami peningkatan akan tetapi masih belum menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.”Gelombang memang sudah ada kenaikan tetapi nelayan, pedagang, masih beraktivitas secara normal,” katanya.

Terpisah, Koordinator SAR Wilayah II Marjono mengatakan berdasarkan informasi yang didapat BMKG kenaikan kelombang hingga 25 juni.

“Perkiraan gelombang naik sekitar 2 hingga 3,5 meter,” terangnya.Sejumlah 57 personil SAR disiapkan untuk menghadapi cuaca buruk, dan akan berpatroli secara bergantian.”Imbauan langsung dan tanda peringatan hendaknya diperhatikan oleh para wisatawan. Jangan sampai jatuh korban lagi,” terangnya. Pihaknya telah memasang tanda bahaya di 50 titik mulai dari larangan mandi di laut hingga berteduh dibawah tebing karang.

“Selain rambu itu kami.memasang rambu untuk tidak merusak terumbu karang, sedikitnya ada dua rambu larangan dilarang merusak terumbu karang agar ekosistem dapat tetap terjaga,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here