Jogja.beritainternusa.com, Yogyakarta – PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan angkutan lebaran 2018. Anjing terlatih K-9 juga dikerahkan untuk mendeteksi benda-benda yang mencurigakan di stasiun.

Executive Vice President (EVP) Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto mengatakan personel pengamanan yang disiapkan terdiri dari ekstral sebanyak 184 personel yang terdiri dari Polri 134 personel, TNI 38 personel dan 12 K-9. Kemudian juga menempatkan Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 26 orang yang akan ditempatkan di 5 stasiun di wilayah Daop 6, di antaranya Stasiun Tugu, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solo Balapan untuk membantu pelayanan penumpang di stasiun.

“K-9 untuk mendeteksi barang-barang terlarang seperti narkoba dan lainnya. Dengan pelibatan K-9 diharapkan yang tidak terdeteksi secara alat kita maupun dari sisi penglihatan kita bisa terdeteksi, sehingga membuat detail pemeriksaan kita,” kata Eko Purwanto pada apel gelar pasukan pengamanan lebaran di stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (5/6/2018).

Daop 6 Yogyakarta juga menambah personel untuk pengamanan perlintasan tanpa palang pintu sebanyak 34 personel. Tambahan personel akan fokus pada 17 titik yang cukup ramai dan padat lau lintasnya.

“Lalu lintas yang bersinggungan dengan perjalanan kereta api ini cukup padat. Kita sudah mapping ada 17 titik yang jadi perhatian kita, termasuk titik lain yang juga tetap jadi pengawasan kita. Salah satunya di daerah Jenar Solo arah Gemolong Sumber Lawang, itu perlintasan cukup ramai,” kata Eko.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna kereta api pada musim Lebaran tahun ini, PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyediakan 7 KA tambahan. Terdiri dari KA Argo Lawu Fakultatif, Argo Dwipangga Fakultatif, Taksaka Malam Lebaran, Taksaka Pagi Lebaran, Lodaya Lebaran, Sancaka Lebaran, dan Mataram Premium.

Untuk puncak arus mudik diprediksi akan terjadi antara tanggal 13-15 Juni dengan peningkatan sekitar 7-8 persen. Untuk tiket sendiri sudah banyak yang habis terjual pada tanggal-tanggal tertentu terutama tanggal 12, 13, 17, 18 Juni 2018.

Selama masa Angkutan Lebaran ini, PT KAI Daop 6 mengerahkan seluruh pegawai untuk melaksanakan Posko Angkutan Lebaran. Posko Daop 6 terdiri dari Posko Data, Posko Humas, Posko Kesehatan, Posko Pelayanan, Posko IT, Posko Pengamanan, serta Sub Posko di setiap stasiun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here