Pusat Niaga JIEXPO terbakar

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Gedung Pusat Niaga Arena JIEXPO Kemayoran terbakar. Asap tebal sempat membubung tinggi pada sore hari tadi. Meski demikian, kondisi di Pekan Raya Jakarta (PRJ) tetap normal. Kegiatan niaga dan kunjungan dari warga tetap berlangsung normal.

“Kalau di sini nggak ada, di sini normal aja, pengunjung normal aja. Yang datang tetap banyak, nggak sepi,” kata salah seorang petugas keamanan, Syahrul, saat ditemui di lokasi, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2018).

Dia mengaku dari tempatnya berjaga, hanya melihat asap yang tak terlalu jelas. Dia juga mengaku tak mendengar ada riungan sirine dari mobil petugas pemadam kebakaran. Syahrul mengatakan jarak dari tempatnya bertugas ke gedung Pusat Niaga hanya berjarak sekitar 3-5 menit jika jalan kaki.

“Di sini stan aman saja, normal. Pedagang tidak ada yang panik,” ujar dia. Pantauan di lokasi, masih banyak orang yang datang. Tampak ada antrean pengunjung di depan loket.

Kebakaran di gedung Pusat Niaga terjadi sekitar pukul 17.05 WIB. Sempat ada orang yang terjebak saat terjadi kebakaran tadi. Ada sebanyak 24 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api.

Petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api yang membakar lantai 7 Gedung Pusat Niaga di area Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat. Api diduga berasal dari pengerjaan proyek di lantai tersebut.

“(Sumber api) itu informasi di lantai 7 ada pekerjaan bangunan, proyek,” kata Kasi Operasi Damkar Jakarta Pusat Syarifudin, Selasa (5/6/2018). Syarifudin menduga api berasal dari alat las. Namun dia masih perlu mengecek lebih lanjut tentang informasi tersebut.

“Kayaknya sih mungkin las itu Pak, tapi saya masih dalam perjalanan,” imbuh Syarifudin.

Kebakaran sebelumnya dikabarkan terjadi di lantai 7 gedung tersebut. Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pada pukul 17.12 WIB dan langsung melakukan penanganan.

Polisi segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di gedung terbakar di kawasan PRJ JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Kebakaran bermula dari lantai 6 dan 7 gedung JIExpo Convention Centre & Theatre.

“Sementara masih proses pendinginan. Setelah dingin kalau dinyatakan komandan damkar (pemadam kebakaran) bisa kita masuk, akan kita lakukan olah TKP,” ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu kepada wartawan di lokasi, Selasa (5/6/2018).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here