Foto: Presiden Jokowi mempimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada warga Indonesia untuk memanfaatkan momen Hari Lahir Pancasila sebagai upaya untuk membangun bangsa. Jokowi mengajak ulama hingga elemen masyarakat lainnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” ujar Jokowi saat berpidato di Gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Jokowi menyampaikan, Indonesia sebagai salah satu negara majemuk yang terdiri dari berbagai suku maupun agama kerap diiringi berbagai isu intoleransi. Sebab itu, pengamalan Pancasila dibutuhkan untuk menghadapi hal tersebut.

“Negara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bineka dan majemuk. Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan,” ujar Jokowi.

“Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” lanjutnya.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi mengajak ulama, politikus hingga elemen bangsa lainnya bekerja sama dalam pengamalan Pancasila.

“Saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” kata Jokowi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here