Kerangka manusia prasejarah di Sulsel

 

Beritainternusa.com, Maros – Tim arkeologi Makassar menemukan kerangka utuh manusia prasejarah yang diduga berusia ribuan tahun. Di lokasi penemuan juga terdapat cap tangan manusia yang berusia 36 ribu tahun.

Lokasi penemuan sisa-sisa kehidupan prasejarah ini berada di sekitar wilayah Gua Jarie, yang berada di wilayah Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

“Di dalam gua ini terdapat lukisan cap tangan manusia prasejarah yang usianya diduga mencapai 36 ribu tahun lalu,” kata Ketua Tim Arkeologi dan Prasejarah Balai Arkeologi Makassar Budianto Hakim di Makassar, Rabu (30/5/2018).

Menurut Budianto, sudah ada penemuan-penemuan cap tangan prasejarah sebelumnya di beberapa gua di wilayah perbukitan Maros-Pangkep.

“Lukisan cap tangan sebelumnya juga pernah ditemukan di Gua Leang-leang dan sebagainya. Ada 7 lokasi kalau tidak salah,” sebutnya.

Khusus di Gua Jarie, selain ditemukan lukisan cap tangan, ditemukan berbagai macam tembikar, kerang sungai dan laut, hingga perkakas prasejarah.

“Ada juga ditemukan arang dan alat-alat bantu sehari-hari serta tulang binatang,” terangnya.

Sebelumnya, sebuah kerangka utuh manusia prasejarah ditemukan tim arkeolog. Kerangka ini diduga berusia ribuan tahun.

Menurut Budianto, pada 2016 dirinya bersama tim arkeologi Prancis mendatangi wilayah Gua Jarie untuk melakukan penelitian. Dalam penelitian itu, dia menemukan sebuah gigi geraham yang berusia ribuan tahun.

“Kalau perkiraan awal kami, usia kerangka yang ditemukan berusia 4.000 tahun,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here