Kalajengking, hewan berbisa dan berbahaya

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan informasi menarik yang dapat digeluti siapa saja untuk mendapatkan keuntungan sangat menggiurkan. Informasi dimaksud terkait racun kalajengking yang dihargai sampai USD 10,5 juta.

“Ini komoditas yang paling mahal di dunia.Jadi kalau mau kaya, cari racun kalajengking,” kata Jokowi dalam acara Musrenmbangnas di sebuah hotel berbintang di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Sejumlah menteri kabinet dan para hadirin tertawa takjub menyimak informasi tersebut. Tapi di media sosial, banyak yang merespons negatif bahkan mencemooh informasi tersebut.

Merujuk Daily Mail.co.uk edisi 3 Juli 2017, ilmuwan dari Universitas Hassan II Ben M’sik di Maroko, Mouad Mkamel menciptakan robot yang diberi nama VES-4 untuk memerah racun kalajengking. Robot yang berwujud kotak itu dioperasikan menggunakan remot kontrol sehingga tak ada kontak fisik dengan manusia yang bisa berakibat fatal.

Pertama-tama, robot akan menempel bagian buntut kalajengking yang kemudian dialiri listrik berkekuatan rendah. Listrik akan menstimulasi kelenjar racun pada kajengking. Cairan racun yang keluar kemudian disimpan dalam tabung eppendorf.

Selain aman, Mouad Mkamel menyebut pemerahan racun kalajengking dengan robot VES-4 karyanya bisa berlangsung lebih cepat dibandingkan secara manual yang penuh risiko. Tanpa robot, dalam sehari paling banyak 10 ekor kalajengking yang dapat diambil racunnya.

“Tapi dengan robot kita bisa mengambil racun dari 150 kalajengking dalam sehari,” kata dia seperti dikutip dari Reuters, 2 Agustus 2017.

Sejumlah peneliti menyebutkan bisnis racun kalajengking sangat menguntungkan. Menurut mereka, satu gram racun kalajengking dapat dijual dengan harga USD 8.000 atau sekitar Rp 111.648.000 (dengan kurs 1 USD= Rp 13.956). Untuk racun kalajengking langka bahkan bisa mencapai USD 12.000 atau sekitar Rp 167.472.000 per gramnya.

Namun hingga kini belum ada update lebih lanjut mengenai penggunaan robot VES-4 ini untuk memerah bisa kalajengking.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here