Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul – Pasar Ngawu Gunungkidul akan direnovasi. Pedagang pasar pun dipindah di Lapangan Serba Guna Playen pada Selasa (1/5/2018). Prosesi pemindahan dilakukan menggunakan cara adat Jawa dengan mengambil tanah di pasar lama lalu ditanam di pasar sementara.

“Saat ini pasar lama sedang ada pembangunan, untuk itu pasar kami pindah sementara, dalam pemindahan kami menggunakan prosesi adat jawa dan keagamaan agar pasar dapat berkembang,” terang Kepala Desa Playen, Surahno.

Ia menjelaskan, selama ini banyak pedagang yang belum memiliki sertifikat. Ia pun berharap ke depannya dapat menetap di sini.

“Saya berharap ke depannya Playen mempunyai pasar sayur, buah, saya berharap pasar ini dapat berkelanjutan, Ngawu ada pasar Playen juga ada pasar, yang membedakan pengelolanya. Pasar Ngawu dikelola kabupaten sedangkan Playen menjadi pasar desa,” terangnya.

Selanjutnya Surahno menjelaskan kendala yang dialami di pasar sementara adalah belum ada saluran limbah pembuangan. Demi kenyamanan pasar, ia berharap tahun ini saluran limbah dapat dibangun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here